Anggota DPD: Gaungkan Pancasila Jangan Sampai Luntur

id Pancasila Jangan Luntur, Gaungkan Nilai Pancasila, Anang Prihantoro

Anggota DPD: Gaungkan Pancasila Jangan Sampai Luntur

anan (Foto: ANTARA Lampung/Muklasin)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Nilai-nilai hidup bersama dalam masyarakat yang bersumber dari Pancasila mulai luntur, sehingga Pancasila perlu terus digaungkan dalam kehidupan di tengah masyarakat.

"Nilai-nilai hidup bersama di masyarakat yang berprinsip dari Pancasila mulai luntur akibat pengaruh globalisasi, kepentingan lokal maupun kepentingan asing yang masuk lewat organisasi sehingga Pancasila dibandingkan dan dipertanyakan serta diabaikan," kata Anang Prihantoro anggota MPR RI dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Way Jepara, Lampung Timur, Senin.

Dalam sosialisasi empat pilar MPR RI, Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI sekaligus sosialisasi pendidikan politik kepada komunitas motor CB Lampung Timur, Anang mengingatkan Pancasila harus kembali dijadikan kaca benggala dan sebagai cara hidup bangsa kita.

Anang mencontohkan lunturnya nilai Pancasila di masyarakat saat gelaran pesta demokrasi. Menurut dia, masih ada yang mempertanyakan isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) kepada calon yang akan dipilihnya.

"Dalam kontek politik praktis kalau memilih seseorang pertimbangannya seharusnya kapasitas dan integritas, bukan sukunya apa. Jika masih terjadi seperti ini berarti nilai-nilai Pancasila-nya mulai hilang, Pancasila-nya sudah tidak ada," ujar Anang Prihantoro lagi.

Senator asal Provinsi Lampung itu pun mengemukakan pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda sebagai pembelajaran dan pemahaman tentang hak kewajiban dan tanggung jawab warga negara atas hidup berbangsa dan bernegara sesuai UU No. 12 Tahun 2011 tentang Partai Politik.

Menurut Anang, pendidikan politik bisa didapatkan melalui interaksi sosial dan berorganisasi seperti dalam keluarga, kepanitiaan, paguyuban, profesi, ormas, dan partai politik.

"Dengan belajar berpolitik yang baik dan beretika tujuan politik tercapai, karena tujuan politik adalah menyejahterakaan masyarakatnya dan membuat tatanan bangsa lebih baik," ujar Anang pula.