Dandim Lampung Tengah Kunjungi Veteran Perang Mbah Sumo Prawiro

id kolonel inf jajang kurniawan, dandim 0411/lampung tengah, mbah sumo prawiro, veteran perang di lampung timur,

Dandim Lampung Tengah Kunjungi Veteran Perang Mbah Sumo Prawiro

Dandim 0411/Lampung Tengah Kol Inf. Jajang Kurniawan tengah berbincang dengan Mbah Sumo Prawiro (89) di rumah veteran perang tersebut di Lampung Timur. (Foto: Antaralampung.com/Muklasin))

...Saya berjanji akan mengupayakan agar Sumo Pawiro bisa mendapatkan tunjangan dari pemerintah, doakan saja semoga Mbah Sumo bisa mendapatkan tunjangannya," kata Dandim...
Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Komandan Kodim 0411/Lampung Tengah Letkol Inf. Jajang Kurniawan mengunjungi veteran perang Sumo Pawiro di rumahnya di Desa Braja Asri Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Senin (14/8) pagi.

Sumo Pawiro (89) yang tengah mememberihkan rumput di belakang rumah kaget mendapatkan kunjungan Komandan Kodim Lampung Tengah ini.

"Mbah Sumo, saya Komandan Kodim Lampung Tengah Letkol Jajang Kurniawan ingin ketemu mbah. Saya ingin  napak tilas sejarah Mbah Sumo," kata Dandim saat memasuki halaman rumah veteran perang tersebut.

Di rumah Sumo Pawiro, Dandim berbincang-bincang dengan veteran perang yang tidak mendapatkan tanpa tunjangan negara ini.

Kolonel Jajang menanyakan kisah perjuangan Sumo Pawiro melawan penjajah Belanda dan Jepang.
"Sudah lupa, dulu melawan Belanda dan Jepang banyak bom dimana-mana " kata Sumo lirih menjawab pertanyaan Dandim.

Dandim pun menanyakan apakah tunjangan dari negara pernah diterima Mbah Sumo. "Belum pernah," kata Sumo Pawiro lagi.

Kemudian Jajang Kurniawan juga menanyakan apakah tunjangan veteranya pernah diurus. Mbah Sumo menyatakan, "Sudah tapi tidak dapat, tapi saya ikhlas berjuang demi negara."

Letkol Jajang kepada wartawan mengapresiasi perjuangan Sumu Pawiro yang merupakan pejuang sejati.

"Mbah Sumo Pawiro ini pejuang sejati, prajurit sejati karena beliau ikut berperang melawan penjajah merebut kemerdekaan Indonesia," ungkapnya.

Dia mengatakan sosok Sumo Pawiro patut diteladani karena dia ikhlas berjuang tanpa imbalan.

"Sosok Sumo luar biasa meski tidak dapat apa-apa beliau masih tetap berjuang dari dulu sampai sekarang, tanpa pejuang ini kita tidak dapat merasakan kemerdekaan ini," kata Dandim.

Jajang pun menyatakan akan berupaya maksimal mengurus hak tunjangan veteran Sumo Pawiro. Sebagai penghargaan generasi penerus kepada pejuang kemerdekaan karena bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

"Saya berjanji akan mengupayakan agar Sumo Pawiro bisa mendapatkan tunjangan dari pemerintah, doakan saja semoga Mbah Sumo bisa mendapatkan tunjangannya," kata Dandim.

Sumo Pawiro juga mendapatkan bantuan sembako dari Dandim Lampung Tengah. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Letkol Inf Jajang Kurniawan.

Sebelumnya diberitakan salah satu veteran Perang Kemerdekaan berpesan kepada generasi sekarang untuk benar-benar merawat kemerdekaan yang telah dengan susah-payah diraih, bahkan mengorbankan nyawa dan harta.

"Tidak dapat tunjangan dari pemerintah nggak apa-apa, saya ikhlas, saya berjuang karena ingin Indonesia merdeka," kata Sumo Pawiro.

 Sumo Pawiro kelahiran Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah tahun 1928 atau 89 tahun yang silam. Tahun 1973 bersama istri dan empat anaknya, Sumo pindah ke tanah Lampung tepatnya berada di Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur.