Minggu, 24 September 2017

Distanakbunhut Bandarlampung Siapkan Tim Pemeriksa Hewan Kurban

id hewan kurban, kambing,sapi
Distanakbunhut Bandarlampung Siapkan Tim Pemeriksa Hewan Kurban
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kota Bandarlampung menyiapkan tim pemeriksa hewan kurban pada Idul Adha 1438 Hijriah.

"Seperti tahun sebelumnya kita telah menyiapkan tim kesehatan hewan yang akan turun ke pedagang hewan kurban," kata Kepala Distanakbunhut Kota Bandarlampung Agustini di Bandarlampung, Kamis.

Dia mengatakan terkait dengan Idul Adha yang jatuh pada 1 September 2017, Distanakbunhut telah melakukan persiapan dengan menggelar rapat pengecekan kesehatan hewan kurban.

Ia mengatakan tim akan turun ke seluruh pedagang hewan kurban yang ada di 20 kecamatan.

"Tim ini terdiri dari petugas dinas, dokter hewan, dan perwakilan organisasi sarjana peternakan," kata dia.

Nantinya akan ada 26 petugas dinas yang melakukan pemeriksaan hewan kurban, ditambah dengan petugas lain.

Terkait dengan waktu pemeriksaan hewan kurban, katanya, belum dijadwalkan dan saat ini hanya sebatas mengumpulkan data tim yang turun.

"Biasa tim akan turun dalam kurun waktu seminggu sebelum hari `H`, akan tetapi pemeriksaan biasa sudah dilakukan sejak sekarang tapi yang intensifnya seminggu sebelum Idul Adha sesuai instruksi pemerintah pusat," katanya.

Untuk jumlah hewan kurban jenis kambing dan sapi di Bandarlampung pada Idul Adha, masih dalam kondisi aman. Untuk jumlah kebutuhan kambing mencapai 2.500 ekor dan sapi sekitar 1.800 ekor.

"Masih dalam kondisi aman sampai menyambut hari raya Idul Adha," katanya.

Sementara itu, pedagang hewan kurban mulai menawarkan dagangannya dengan memasang tulisan besar di sejumlah lokasi strategis yang isinya jika membutuhkan hewan kurban dapat menghubungi mereka.

Namun, para pedagang belum meletakkan hewan-hewan tersebut di tempat yang biasa mereka gunakan untuk berjualan. *

Editor: Triono Subagyo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0173 seconds memory usage: 0.46 MB