RSUD Demang Sepulau Raya Bersiap Hadapi Akreditasi

id rsud demang sepulau raya, plt kepala dinas kesehatan lampung tengah, hairul azman

RSUD Demang Sepulau Raya Bersiap Hadapi Akreditasi

Bupati Lampung Tengah Mustafa saat meninjau perbaikan jalan menuju RSUD Demang Sepulau Raya (FOTO : Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Persiapan menuju penilaian akreditasi telah mencapai 90 persen, termasuk meminta bimbingan dari Kementerian Kesehatan, sehingga hal-hal yang kurang segera dilengkapi dan dibenahi," kata Hairul...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Demang Sepulau Raya, Lampung Tengah, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan setempat terus melakukan pembenahan untuk mengikuti penilaian akreditasi akhir 2017.

"Persiapan menuju penilaian akreditasi telah mencapai 90 persen, termasuk meminta bimbingan dari Kementerian Kesehatan, sehingga hal-hal yang kurang segera dilengkapi dan dibenahi," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah, Hairul Azman dailisnya yang diterima di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan, tahapan-tahapan menuju akreditasi ini mengikuti bimbingan dari Kemenkes. Kemudian nanti ada pra survei dan survei verifikasi yang dilakukan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Tujuan akreditasi rumah sakit, kata Hairul, sebagai upaya untuk menstandarkan pelayanan kesehatan di RSUD Demang Sepulau Raya, sehingga pelayanan kesehatan semakin lebih baik dan sesuai standar peraturan perundang-undangan. Disamping itu, melalui akreditasi kerja sama dengan BPJS Kesehatan dapat tetap terjalin.

"BPJS Kesehatan masih bekerja sama dengan RSUD Demang Sepulau Raya tapi hanya bersifat sementara. Kita hanya diberikan batas kerja sama hingga 2018. Jika belum terakreditasi maka sampai 2018 saja dan bisa diputus," katanya.

Hairul mengatakan, menstandarkan pelayanan kesehatan meliputi tenaga kesehatan atau sumber daya manusia (SDM) dan peralatan penunjang medis. Seperti halnya memberikan pelatihan kepada SDM rumah sakit agar mampu memberikan pelayanan sesuai standar kesehatan yang baik. (Baca :RS Imanuel raih akreditasi)

"Biaya untuk mengikuti proses akreditasi memang cukup besar dan beruntung Bupati Lampung Tengah sangat mendukung. Kita juga ada bantuan dari pusat yang salah satunya dimanfaatkan untuk pelatihan bagi tenaga kesehatan dan dari Pemkab Lampung Tengah sudah dianggarkan," ujarnya.

Ia mengaku SDM RSUD Demang Sepulau Raya sangat bersemangat dan bekerja sampai larut malam sebagai persiapan menuju akreditasi. Ia sangat optimistis pada survei yang dilakukan KARS, RSUD Demang Sepulau Raya mampu lulus akreditasi.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Mustafa mengatakan sebagai rumah sakit pemerintah, RSUD Demang Sepulau Raya harus bisa menjadi rumah sakit kebanggaan masyarakat Lampung Tengah.

"Selama ini RSUD Demang Sepulau Raya terus berbenah. Saya minta ini terus dimaksimalkan, baik dari sisi pelayanan, tenaga medis, sarana prasarana dan fasilitas peralatan medis. Pelan-pelan telah dibenahi. Dalam penilaian akreditasi nanti, saya harap bisa mendapatkan nilai terbaik," tambahnya. (ANTARA)