Kamis, 17 Agustus 2017

Trump : Korea Utara ancaman langsung bagi dunia

id Korea Utara, Nuklir, AS,, rudal balistik
Trump : Korea Utara ancaman langsung bagi dunia
File/Korea Utara menyebutkan uji coba rudal berlangsung "sukses" (AFP/KCNA)
Bedminster  (Antara/Reuters) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Minggu menegaskan bahwa Korea Utara menimbulkan ancaman semakin besar ke sebagian besar dunia setelah uji peluru kendali balistik antarbenuanya, kata Gedung Putih.
        
Dalam sambungan telepon mereka, kedua pemimpin tersebut juga menyambut resolusi Dewan Keamanan PBB, yang memberlakukan sanksi baru terhadap Pyongyang, kata Gedung Putih dalam pernyataan.
        
"Keduanya menegaskan bahwa Korea Utara menimbulkan ancaman serius dan langsung terhadap Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang, juga sebagian besar negara di seluruh dunia," kata Gedung Putih.
        
"Para pemimpin itu bertekad melaksanakan semua resolusi terkait dan mendesak masyarakat internasional melakukannya juga," katanya.
        
Sanksi baru terhadap Pyongyang dapat memangkas sepertiga pendapatan ekspor tahunan Korea Utara yang mencapai tiga miliar dolar AS. Korea Utara telah menjadi fokus perhatian internasional dalam beberapa bulan terakhir karena telah melakukan serangkaian uji coba rudal balistik, termasuk dua di antaranya di bulan Juli yang membantu mendorong aksi PPB.
        
Resolusi yang dirancang oleh AS melarang ekspor batu bara, besi, bijih besi, timah hitam, bijih besi, dan makanan laut Korea Utara. Rancangan resolusi ini juga melarang negara-negara meningkatkan jumlah pekerja Korea Utara yang bekerja di luar negeri, melarang usaha patungan baru dengan Korea Utara dan investasi baru dalam usaha patungan saat ini.
        
Washington mengancam akan melakukan tekanan perdagangan ke Beijing dan menjatuhkan sanksi kepada perusahaan China yang melakukan bisnis dengan Pyongyang. Pekan lalu, Trump menandatangani undang-undang seperangkat sanksi terhadap Korea Utara yang disahkan oleh Kongres AS.
 
ANTARA/REUTERS
Roy/B Soekapdjo

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.01 seconds memory usage: 0.35 MB