Presiden Targetkan Indonesia Juara Umum SEA Games

id presiden dan atlet sea games 2017, presiden joko widodo

Presiden Targetkan Indonesia Juara Umum SEA Games

Presiden Joko Widodo (tengah) foto bersama dengan kontingen Indonesia ke SEA Games XXIX Malaysia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8/2017). (ANTARA/Puspa Perwitasari)

...Kita sebagai negara besar harusnya targetnya seperti itu, kan tadi sudah saya sampaikan, sudah berapa kali kita juara umum? 10, kalau jadi 11 kan jauh lebih baik, kata Presiden...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Presiden menargetkan Indoensia dapat menjadi juara umum di SEA Games XXIX Kuala Lumpur,Malaysia.pada 19-30 Agustus.

"Kita sebagai negara besar harusnya targetnya seperti itu, kan tadi sudah saya sampaikan, sudah berapa kali kita juara umum? 10, kalau jadi 11 kan jauh lebih baik," kata Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Presiden Jakarta, Senin.

Presiden menyampaikan hal tersebut seusai melepas kontingen Indonesia yang akan bertanding di SEA Games Kuala Lumpur pada 19-30 Agustus 2017.

"SEA Games ya SEA Games, bukan percobaan, dan targetnya emas ya emas, targetnya juara ya juara dan ini jadi batu untuk melompat ke Asian Games, persiapan menuju ke Asian Games," tambah Presiden.

Presiden juga mengingatkan bahwa semua negara mempersiapkan dengan baik para atletnya untuk bertanding dalam SEA Games XXIX tersebut.

"Saya kira semua negara sama, mempersiapkan diri untuk bertarung, untuk bertanding memperebutkan juara, semua menginginkan emas pasti seperti itu, karena menyangkut kebanggaan bangsa, menyangkut sebuah prestasi dan rasa bangga, semua arahnya pasti ke sana," ungkap Presiden.

Dengan demikian kunci untuk menang dalam pertandingan adalah adanya kompetisi rutin di dalam negeri ditambah pembinaan sejak dini.

"Pembinaan harus dilakukan terus-menerus dengan kompetisi-kompetisi usia dini, remaja. Saya kira di semua cabang olahraga harus seperti itu dan dipersiapkan juga sistem kompetisi yang baik, dalam sistem pembinaan yang baik juga sistem anggaran yang terencana dan baik karena tanpa kompetisi ya apa pun sulit, semakin banyak kompetisi akan semakin memperbaiki prestasi atlet, kuncinya di situ," tegas Presiden.

Total ada 870 orang dalam kontingen SEA Games XXIX asal Indonesia yang terdiri atas 533 atlet, 170 orang pelatih, 55 orang perangkat pendukung, dan 122 orang peserta mandiri sehingga berada di luar beban target kontingen.

SEA Games XXIX mempertandingkan 38 cabang olahraga untuk memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak dan 529 medali perunggu.

Kontingen Indonesia rencananya akan mengikuti 37 cabang olahraga dengan target memperoleh 55 medali emas dan 95 perak dari 30 cabang olah raga.

Target itu meningkat dari perolehan medali Indonesia di SEA Games Singapura 2015 di Singapura saat Indonesia mendapatkan 47 emas dan berada di peringkat ke-5 peserta.

(ANTARA)