Kamis, 17 Agustus 2017

Tahun 2022, satu skuadron pesawat tempur ditempatkan di Kupang

id TNI, pesawat, TNI AU
Tahun 2022, satu skuadron pesawat tempur ditempatkan di Kupang
Pesawat T-50i Golden Eagle TNI AU (antaranews.com)
Kupang (Antara Lampung) -  Markas Besar TNI Angkatan Udara (TNI-AU) menargetkan pada 2022 nanti satu skuadron pesawat tempur tetap sudah bisa ditempatkan di Lanud El Tari Kupang, kata Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Penerbang (Pnb) Ronny Moningka di Kupang.
        
"Penempatan satu skuadron pesawat tempur di markas Lanud El Tari ini nantinya akan bersamaan dengan kenaikan tipe Lanud tersebut dari tipe B ke tipe A," katanya di Kupang, Jumat di sela-sela kegiatan Coffe Morning bersama sejumlah wartawan Kupang.
       
Ia menjelaskan menyambut perubahan tipe Lanud dan akan didatangkannya satu skuadron pesawat tempur tersebut maka saat ini Lanud El Tari terus berbenah.
       
Hal tersebut terbukti dengan kembali dibangunnya satu hangar khusus parkir bagi pesawat tempur yang nantinya akan ditempatkan di Lanud tersebut.
       
"Saat ini masih terus dilakukan pembangunan secara bertahap. Dan setiap tahun akan selalu ada pembangunan untuk mendukung perubahan tipe tersebut dan sekaligus penempatan pesawat-pesawat tempur di sini (Lanud El Tari," tambahnya.
       
Penempatan permanen pesawat tempur itu dilakukan mengingat NTT merupakan daerah perbatasan yang berbatasan dengan Australia dan Republik Demokrat Timor Leste. Artinya penempatan tersebut berkaitan dengan alasan pertahanan keamanan negara.
       
Terkait pesawat tempur jenis mana yang akan ditempatkan setelah berubah tipe ia mengatakan akan menempatkan pesawat-pesawat tempur sesuai dengan radius operasi di wilayah NTT.
      
Hingga saat ini ada tiga pesawat tempur jenis T-50i dan satu helikopter tempur yang tengah diparkir di hangar Markas Lanud El Tari Kupang.
       
ANTARA

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.01 seconds memory usage: 0.35 MB