Senin, 21 Agustus 2017

Bupati Harapkan Mahasiwa Bantu Masyarakan Melek TI

id bupati mustafa dan kkn ibi, bupati lampung tengah, mustafa
Bupati Harapkan Mahasiwa Bantu Masyarakan Melek TI
Bupati Lampung Tengah Mustafa menerima cindera mata dari Perwakilan IBI Darmajaya yang akan melaksanakan Praktik Kerja dan Pengabdian Masyarakat (PKPM) di wilayah Lampung Tengah, Selasa, (31/7) (FOTO: Humas Pemkab Lampung Tengah)
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Tengah Mustafa berharap mahasiswa IBI Darmajaya, Lampung bisa membantu masyarakat untuk lebih mengenal teknologi informasi sehingga masyarakat kampung sekalipun bisa lebih melek TI.

"Pengenalan TI ke masyarakat bisa dilakukan selama mahasiswa menjalani program praktik kerja dan pengabdian masyarakat (PKPM) di Lampung Tengah. Apalagi telah menggulirkan program Smart Netizen, yakni sistem informasi yang tersedia di seluruh kampung di Lampung Tengah," kata Mustafa, dalam keterangan diterima di Bandarlampung, Selasa.

Dengan momen PKPM, mahasiswa diharapkan bisa menjadi perpanjangan pemerintah untuk membuka wawasan masyarakat terkait teknologi informasi. Tak hanya itu, mahasiswa juga bisa melatih para aparatur kampung untuk melek IT.

"Smart Netizen membutuhkan SDM yang mumpuni di bidang. Para aparatur kampung sudah saya tekankan untuk mengikuti perkembangan zaman. Jangan sampai mereka gagap teknologi. Kehadiran mahasiswa TI dari Darmajaya diharapkan semakin meningkatkan pengetahuan TI mereka," kata ia.

Untuk smart netizen sendiri, Mustafa menjelaskan dicanangkan untuk membantu dan mempermudah pemerintah desa di Kabupaten Lampung Tengah dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, tepat dan akurat. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam menyelenggarakan administrasi pemerintahan kampung yang baik.

Melalui program Smart Netizen kami ingin memutuskan rantai birokrasi pelayanan yang selama ini menjadi keluhan masyarakat. Dengan pelayanan berbasis TI juga diharapkan menghapus pungli dan proses pelayanan bisa menjadi lebih cepat dan akurat," katanya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi IBI Darmajaya Dr. Anwar sanusi, S.E., M.Si., mengatakan selama 40 hari menjalani program PKPM, salah satu kegiatan mahasiswa Darmajaya adalah membantu masyarakat untuk lebih mengenal TI. Mahasiswa juga akan membantu menyosialisasikan program Pemkab Lampung Tengah ke masyarakat, termasuk program Smart Netizen.

"Sebelumnya mahasiswa telah mengikuti training terkait program SIKam Smart Netizen Lampung Tengah. Dari sini nantinya mahasiswa menularkan pengetahuan mereka ke masyarakat, terutama aparatur kampung. Pastinya mahasiswa juga akan membantu masyarakat untuk lebih mengenal TI," kata dia.

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0084 seconds memory usage: 0.35 MB