Mahasiswa Kedokteran Unpad wajib tinggal di asrama

id FK, Unpad, dokter

Mahasiswa Kedokteran Unpad wajib tinggal di asrama

Wisuda Dokter FK Unpad Tahun 2015/file (fk.unpad.ac.id)

Bandung (Antara Lampung) - Mahasiswa baru Universitas Padjadjarant Program Studi Kedokteran, Kedokteran Hewan, Farmasi, D-4 Kebidanan, serta penerima Bidikmisi secara khusus akan tinggal di asrama dalam kampus pada tahun pertama perkuliahan.
         
Direktur Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan Unpad Prof Dr Budi Setiabudiawan, dalam siaran pers Humas Unpad, Kamis, mengatakan, berbagai program yang dilaksanakan di asrama nanti merupakan penguatan karakter.
         
"Programnya dibuat oleh ketua program studi (kaprodi). Dengan demikian, kaprodi benar-benar dilibatkan dalam membentuk karakter mahasiswa baru," kata dia.
         
Budi menjelaskan, berbagai program yang dibuat menyasar pada pengembangan sektor nonakademik mahasiswa, berupa pembinaan disiplin, penguatan kebersamaan, toleransi, serta kepedulian terhadap lingkungan asrama.
         
"Diharapkan program ini akan mendukung proses adaptasi serta proses akademik mahasiswa baru," kata dia.
         
Dalam pelaksanaannya, kata dia,  setiap asrama akan dibantu dengan ibu asrama dan dua kakak senior per program studi. 

Ibu asrama dan kakak senior ini berperan dalam melaksanakan program, mendukung stabilitas asrama, serta melakukan pengawasan terhadap mahasiswa.
        
"Tapi, tidak akan mengganggu aktivitas perkuliahan kakak pendamping tersebut," ujar dia.
        
Menurut dia, untuk tahun ini, Unpad telah menyediakan 772 kamar dengan daya tampung 1.433 mahasiswa dari beberapa asrama di dalam kampus Jatinangor. Setiap kamar akan diisi setidaknya untuk dua hingga empat mahasiswa.
         
Ia menilai, kapasitas asrama saat ini belum memadai untuk menampung seluruh mahasiswa baru Unpad sehingga hanya Prodi Kedokteran, Kedokteran Hewan, Farmasi, D4 Kebidanan, serta mahasiswa penerima Bidikmisi dari seluruh prodi yang wajib untuk masuk asrama.
         
Ia mengatakan, saat ini, Unpad memiliki setidaknya 10 gedung asrama dan wisma di dalam lingkungan kampus, dan rencananya, asrama dalam kampus ini diseragamkan namanya menjadi Bale Wilasa dan diberi nomor urutan. Tarif asrama program reguler minimal Rp6 juta hingga maksimal Rp12,5 juta per tahun. Tarif ini disesuaikan dengan jumlah penghuni kamar serta fasilitas asrama. 

ANTARA