Kamis, 17 Agustus 2017

Taliban lancarkan serangan balik

id Taliban, Afghanistan, perang Pakistan dan Afghanistan
Taliban lancarkan serangan balik
Tentara Afghanistan terlihat di Provinsi Baghlan. (AFP/presstv.ir)
Kabul (Antara/Xinhua-OANA) - Petempur Taliban yang telah kehilangan wilayah di Provinsi Kunduz Utara di tengah tekanan yang meningkat oleh pasukan pemerintah, Selasa, melancarkan serangan besar di Kabupaten Baghlan-e-Markazi di Provinsi Baghlan --yang berdekatan.
        
Tujuannya ialah untuk mengurangi tekanan atas gerilyawan di Kunduz, kata beberapa pengamat lokal.
        
Serangan kejutan dan dari banyak arah yang dimulai pada pukul 03.00 waktu setempat Selasa, kata laporan media lokal, telah memungkinkan petempur Taliban untuk mendekati Markas Polisi di Kabupaten Baghlan-e-Markazi.
        
Namun, Juru Bicara Polisi Baghlan Zabihullah Shuja dalam pembicaraan dengan media mengkonfirmasi bentrokan tersebut, tapi menyatakan bahwa sejauh ini 15 petempur Taliban telah tewas dan 27 lagi cedera.
        
Ia juga mengatakan pasukan pemerintah telah memburu petempur Taliban untuk menjamin perdamaian yang langgeng dan keamanan di Baghlan-e-Markazi dan daerah yang berdekatan.
        
Sementara itu, warga setempat mengatakan jalan yang menghubungkan Baghlan ke Provinsi Kunduz, yang bertetangga, telah ditutup akibat pertempuran, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa malam. Petempur Taliban tidak mengizinkan pengendara motor melewati daerah tersebut.
         
Sementara itu, Zabihullah Majahid --yang mengaku berbicara untuk cabang Taliban, dalam kontak dengan media, mengaku bahwa 13 tentara pemerintah telah tewas dan pertempuran berlanjut. Namun pernyataan tersebut telah dibantah oleh Sari sebagai tak berdasar.

Antara/Xinhua-OANA
Chaidar




Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0622 seconds memory usage: 0.35 MB