Lampung Timur Pamerkan Produk Unggulan ke Aljazair

id lamtim pamerkan produk perkebunan, bupati lampung timur, chusnunia chalim, pemerintah aljazair

Lampung Timur Pamerkan Produk Unggulan ke Aljazair

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim (hijab merah) mendampingi delegasi Provinsi Bouira Aljazair melihat produk unggulan Lampung Timur di PT Nusantara Tropical Farm ( NTF) Selasa, (11/7) (FOTO:ANTARA Lampung/Muklasin)

...Pihaknya sengaja mengenalkan produk unggulan perkebunan PT NTF kepada Pemerintah Aljazair, mengingat pangsa pasar buah di Aljazair terbuka luas, kata Bupati...
Lampung Timur  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung memamerkan dan mengenalkan produk unggulan daerahnya kepada Pemerintah Provinsi Bouira, Aljazair yang berkunjung ke Lampung Timur.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Rabu, mengatakan pihaknya sengaja mengenalkan produk unggulan perkebunan PT NTF kepada Pemerintah Aljazair, mengingat pangsa pasar buah di Aljazair terbuka luas.

Selain buah-buahan produk perkebunan unggulan Lampung Timur, dipamerkan pula lada.

"Khusus dari Lampung Timur kami berharap lada bisa masuk ke Aljazair karena konsumsi lada di Aljazair tinggi," ujar Bupati Chusnunia.

Bupati berharap dengan kunjungan Pemerintah Provinsi Bouira, Aljazair ke daerahnya bisa membuka kerja sama perdagangan yang saling menguntungkan.

Pemerintah Provinsi Bouira, Aljazair mengunjungi Provinsi Lampung selama empat hari 10-13 Juli 2017. Pada hari pertama kunjungannya di ibu kota Provinsi Lampung, Kota Bandarlampung, Senin (10/7), Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Provinsi Lampung telah menandatangani nota kesepakatan kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Daerah Tikjda, Provinsi Bouira di bidang pariwisata, perdagangan, dan perindustrian.

Selanjutnya, Selasa (11/7), delegasi dari Aljazair itu berada di Kabupaten Lampung Timur mengunjungi PT Nusantara Tropikal Farm (NTF) dan Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

Pada Rabu ini, mereka melihat budi daya jamur di Kecamatan Margatiga, dan meninjau sentra peternakan sapi di PT Austasia Stockfeed, Kecamatan Jabung, Lampung Timur.

Produk unggulan yang dipamerkan adalah produk perkebunanan buah-buahan PT NTF di Kecamatan Labuhan Ratu.

PT NTF dikenal sebagai perusahaan penghasil produk buah-buahan segar seperti nanas, pisang, dan jambu kristal, dan produk buah ini telah diekspor ke banyak negara di Asia, di antaranya Malaysia, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan.

Gubernur Provinsi Bouira Cherifi Mouloud mengatakan kedatangan ke Provinsi Lampung adalah untuk menjajaki potensi kerja sama yang terdapat di Provinsi Lampung, salah satunya di Kabupaten Lampung Timur.

"Kunjungan ini adalah kunjungan balasan, setelah sebelumnya Bupati Lampung Timur melakukan kunjungan ke Aljazair. Kami ingin melihat dan menjajaki potensi kerja sama di Provinsi Lampung khususnya di Lampung Timur," kata Cherifi Mouloud di PT NTF, Lampung Timur, Selasa (11/7).

Cherifi Mouloud mengatakan Pemerintah Provinsi Bouira tertarik menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Lampung di antaranya di bidang pariwisata, perkebunan, arsitektur, dan pendidikan.

"Pada bidang pendidikan akan ditindaklanjuti pertukaran pelajar dengan mengirimkan pelajar Aljazair ke Provinsi Lampung dan sebaliknya," ujar Gubernur Bouira itu lagi. 

(ANTARA)