Politeknik Negeri Lampung Kian Diminati

id Politeknik Negeri Lampung, Polinela Makin Diminati, Polinela, Joko Hartono

Politeknik Negeri Lampung Kian Diminati

Direktur Polinela Ir Joko SS Hartono MTA panen udang keramba/jaring apung, di Padangcermin, Kabupaten Pesawaran,Lampung. Jaring apung merupakan lahan praktik lapang bagi mahasiswa Polinela. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Politeknik Negeri Lampung (Polinela) kini semakin diminati calon mahasiswa baru dan terus mengembangkan keilmuan praktis agar dapat terserap lapangan kerja sektor formal maupun lulusannya dapat mengembangkan usaha sendiri.

Direktur Polinela Ir Joko SS Hartono MTA, di Bandarlampung, Minggu (9/7), menjelaskan hingga saat ini calon mahasiswa yang berminat masuk ke perguruan tinggi yang lebih mengedepankan kapasitas praktis di lapangan ini kian meningkat.

Pada awal pendirian Politeknik Negeri Lampung semula dikembangkan sebagai Politeknik Pertanian Universitas Lampung, dan kini lebih dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung telah resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK Mendiknas RI No.: 036/O/2001.

"Saat ini seribuan mahasiswa baru masuk ke Polinela, dari semula pada tahun 2001 itu hanya berkisar 150-an mahasiswa saja," ujar Joko lagi.

Menurutnya, selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, keberadaan politeknik pada era otonomi daerah diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisator, dan akselerator pembangunan daerah.

Dalam kaitan tersebut politeknik terus melakukan pengembangan aktivitas dan fasilitas akademik dengan memperluas penyelenggaraan bidang studi untuk mencetak tenaga profesional pada sejumlah bidang pengetahuan khusus.

Sejak 2 Agustus 2004, Politeknik Pertanian Negeri Lampung resmi berubah nama menjadi Politeknik Negeri Lampung, dikarenakan rencana pengembangan politeknik dengan bidang studi yang diselenggarakan tidak lagi hanya di bidang pertanian.

Joko menjelaskan bahwa Polinela diamanatkan untuk melaksanakan Pendidikan Vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dan profesionalitas dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana.

Karena itu, pendidikan di Polinela lebih diarahkan kepada pembelajaran yang profesional dengan dukungan tenaga pengajar (dosen), teknisi, tenaga administrasi dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar yang menunjang sistem pembelajaran tersebut, katanya lagi.

Polinela mempunyai filosofi keterkaitan dan kesepadanan antara kurikulum dan kebutuhan industri yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan (customer satisfactory), penyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi, peningkatan kualitas secara berkelanjutan (continuous quality improvement), belajar dengan melakukan (learning by doing), pengembangan organisasi dan manajemen modern yang berorientasi pada mutu, profesionalisme dan keterbukaan serta mampu bersiang secara nasional maupun regional, profesional dan berakhlak mulia.

Joko menjelaskan, Polinela telah menyelenggarakan Tes Tertulis Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri). Kegiatan tes tertulis dilaksanakan di kampus setempat yang diikuti oleh 1.179 orang peserta dari berbagai daerah pada 20 Mei lalu.

Kegiatan tes tertulis itu merupakan proses penyaringan tahap I pada kegiatan PMB Jalur UMPN ini, selanjutnya nanti dari peserta tes yang lulus pada tahap I (Tes Tertulis) ini akan mengikuti tes tahap ke II (Tes Wawancara).

Pada Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UMPN Polinela tahun ini peserta yang berjumlah 1.179 orang, akan memperebutkan 546 kursi yang tersebar pada masing-masing 15 program studi di Polinela.

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) dilaksanakan secara serentak oleh politeknik negeri di seluruh wilayah Indonesia. Khusus pada jalur ini, saat pendaftaran online berlangsung, pendaftar diperbolehkan memilih program studi di dan dari Politeknik selain Polinela. Artinya jalur ini pendaftar bisa mendaftar lintas Polinela. Contoh pendaftar yang melakukan pendaftaran online di Polinela dapat memilih program studi di politeknik negeri lainnya.

Polinela untuk memenuhi animo masyarakat yang tinggi, khususnya lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Polinela itu, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Polinela juga memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK sederajat untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ujian Mandiri Tahun Akademik 2017/2018.

Pendaftaran online akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Juli-8 Agustus 2017 melalui website pendaftaran: pmb.polinela.ac.id. Kegiatan PMB Jalur Ujian Mandiri TA 2017/2018 adalah pendaftaran online 17 Juli hingga 8 Agustus 2017. Ujian tertulis 15 Agustus 2017. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi website: pmb.polinela.ac.id atau email pmb@polinela.ac.id.

"Daya serap lulusan Polinela cukup tinggi, bahkan tan 2015 lalu, sebanyal 100 persen lulusan Program Studi Peternakan diserap oleh lapangan kerja. Rata-rata daya serap kerja lulusan kami secara langsung setelah diwisuda mencapai 40 persen, dan secara total sekitar 70 persen lulusan terserap oleh lapangan kerja sektor formal. Selebihnya mengembangkan usaha mandiri atau bekerja di sektor nonformal," kata Joko Hartono lagi.

Polinela telah memiliki sekitar 7.000-an lulusan, belum lama ini menggelar reuni Kembali ke Kampus (Mulang Kampus) yang diikuti seribuan lulusannya telah bekerja di berbagai tempat pada sejumlah daerah di Tanah Air.

Polinela mengembangkan sejumlah jurusan dan program studi hingga diploma empat (D-IV), dan telah mengelola Program Studi S-1 Terapan, yaitu Agribisnis Pangan dan Teknologi Produksi Ternak.

"Selain Program Studi Peternakan yang diminati dan memiliki daya serap tinggi, sejumlah program studi juga diminati calon mahasiswa baru, seperti Diploma Tiga Akuntansi," katanya pula.

Polinela memiliki Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, Budidaya Tanaman Perkebunan, Teknologi Pertanian, Peternakan, dan Ekonomi dan Bisnis, dengan lokasi kampus di bypass Jl Soekarno-Hatta, Rajabasa, Bandarlampung, dekat Kampus Universitas Lampung dan beberapa sekolah maupun perguruan tinggi lainnya.