Warga Apresiasi Pembangunan Di Lampung

id staf khusus menteri pu, ratu prawira negara, jalan tol, sabah balau, lampung selatan, tol trans sumatera

Warga Apresiasi Pembangunan Di Lampung

Jalan Tol Trans Sumatera Seksi 2 Ruas Sidomulyo-Kota Baru di Desa Sabah Balau, Lampung Selatan, yang bisa dimanfaatkan pemudik Lebaran 2017.) (FOTO : ANTARA/Ardiansyah/Dok)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sejumlah warga Lampung mengapresiasi hasil pelaksanaan pembangunan di sejumlah kabupaten pada provinsi tersebut yang dinilai cukup berhasil.

Warga Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Joko Eko P, di Bandarlampung, Kamis mengatakan era gubernur sekarang ada pembangunan jalan di sana sehingga infrastruktur transportasi yang kerap dikeluhkan warga teratasi.

"Sebelumnya jalan di depan Pasar Sukoharjo kalau hujan seperti kubangan kerbau, kalau kemarau debunya parah. Itu menjadi keluhan setiap pengguna jalan, apalagi warga di sana. Tetapi sekarang sudah teratasi dengan dilakukan pembetonan," kata dia.

Joko pun mengatakan, pembangunan jalan dengan sistem beton pun terjadi di sejumlah titik ruas jalan di sana, termasuk hingga mendekati sungai. "Bahkan akan dibangun jembatan baru di sana. Jika itu selesai arus lalu lintas kian lancar, karena ada dua jembatan yang bersebelahan sehingga dapat digunakan kendaraan dari arah berlawanan," katanya.

Seorang ketua RT di salah satu kelurahan dalam Kota Bandarlampung yang identitasnya enggan disebutkan karena terkait rencana Wali Kota Bandarlampung untuk maju dalam pilgub Lampung mengatakan, siapa bilang tidak ada pembangungan di Provinsi Lampung yang dilakukan gubernur saat ini.

Ia mengatakan itu setelah mudik Lebaran lalu ke Sumatera Selatan dengan mengendarai mobil sendiri bersama sanak keluarganya. Dia pun sempat berdialog dengan sejumlah warga dan mengatakan mereka pun menolak jika tidak ada pembangunan seperti yang disebarkan informasinya oleh pihak tertentu.

Terlepas itu jalan negara, lanjut dia, tetapi semuanya ada peran pemerintah provinsi untuk mengajukan perbaikan dan pembangunannya sehingga bisa terlaksana.

Selain itu, beberapa proyek pemerintah pusat masuk ke Lampung seperti pelaksanaan pembangunan jalan tol serta pembenahan bandara terlaksana era gubernur saat ini, bahkan ia pun mencatat beberapa kali Presiden Jokowi hadir ke Lampung untuk memantaunya.

Sebelumnya, pada halalbihalal beberapa hari lalu, Gubernur Lampung M Ridho Ficaro mengapresiasi kekompakan para bupati dan wali kota dalam membangun provinsi tersebut, karena kemajuan daerah tersebut berkat kerja keras para kepala daerah.

Ridho menjelaskan bahwa Provinsi Lampung tidak memiliki fiskal yang besar sehingga ada tantangan dan rintangan dalam melaksanakan pembangunannya, dan tetap berharap pemerintah daerah tetap solid.

Ia pun mengakui, setiap langkap pemprov tidak akan berhasil optimal jika tidak didukung para bupati dan wali kota beserta jajarannya.

Gubernur Lampung itu pun menjelaskan berbagai agenda pembangunan yang akan dilaksanakan pemprov yakni selain tetap memprioritaskan peningkakan infrastruktur jalan dan jembatan, juga berkomitmen meningkatkan percepatan pembangunan di berbagai bidang, di antaranya kesehatan, pendiikan, pertanian, pariwisata dan transportasi.


(ANTARA)