Menko Polhukam : Waspadai Ciri-Ciri "Lone Wolf"

id waspadai ciri-ciri 'lone wolf', menko polhukam, wiranto

Menko Polhukam : Waspadai Ciri-Ciri "Lone Wolf"

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto (FOTO ANTARA: Dok)

...Perilaku para teroris ini khusus, tidak seperti rakyat biasa," ujar Wiranto...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto minta masyarakat mewaspadai gerak-gerik dan ciri-ciri teroris yang beraksi seorang diri atau "lone wolf".

"Perilaku para teroris ini khusus, tidak seperti rakyat biasa," ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa.

Mantan Panglima TNI itu menerangkan para "lone wolf" ini biasanya lebih sering melakukan kegiatan mereka pada malam hari. "Gerakannya juga diam-diam, dilakukan secara tersembunyi dan mereka tidak suka terekspos," tambah dia.

Menurut Wiranto, teroris yang dikenal suka beraksi sendiri ini juga gemar merakit bom dan kerap melakukan pertemuan-pertemuan yang mencurigakan.

"Mereka itu berada di lingkungan masyarakat. Tentunya masyarakat itu sendiri yang paling duluan tahu kalau ada perilaku orang-orang yang diduga teroris," jelas dia.

Kemunculan "lone wolf" yang semakin marak, menurut Wiranto, perlu ditanggulangi dengan menggalakkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di daerah tempat tinggal masing-masing.

"Siskamling yang diorganisasi masyarakat nanti punya 'link' dengan aparat keamanan apakah kepolisian atau TNI, untuk kemudian bersama mengawasi lingkungannya dari perilaku-perilaku masyarakat yang tidak wajar, yang boleh jadi merupakan orang-orang yang bergerak dalam rangka melaksanakan aksi teror," tuturnya.

"Itu penting sekali karena wilayah kita sangat luas," ujar Wiranto menambahkan. (ANTARA)