Badan Penerbangan Sipil Inggris (CAA) bahas usulan penggunaan Qatar Airways

id Maskapai, penerbangan, pesawat, British Airways

Badan Penerbangan Sipil Inggris (CAA) bahas usulan penggunaan Qatar Airways

Maskapai penerbangan Inggris, British Airways (theconversation.com)

Brussel (Antara/Reuters) - Badan Penerbangan Sipil Inggris (CAA) belum memastikan apakah permohonan British Airways (BA) sudah disetujui, dengan mengatakan bahwa pihaknya masih memproses permohonan tersebut.
         
"Berdasarkan peraturan Eropa, suatu maskapai penerbangan Uni Eropa, seperti British Airways, harus mendapatkan izin khusus jika ingin menyewa pesawat dari perusahaan penerbangan yang berpusat di luar Eropa," kata juru bicara CAA dalam pernyataan.

"Departemen Transportasi Kerajaan Inggris akan menyetujui atau menolak permohonan itu berdasarkan masukan dari Badan Penerbangan Sipil."
    
British Airways akan membayar Qatar Airways atas penggunaan pesawat dan awak kabin maskapai itu selama dua pekan.
         
Kesepakatan tersebut akan membantu Qatar memanfaatkan armada pesawat setelah operasi maskapai penerbangannya terganggu karena boikot yang dilancarkan oleh empat negara Arab sehingga Qatar terpaksa harus mencari tujuan-tujuan penerbangan lainnya agar pesawatnya bisa beroperasi.
         
Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir pada 5 Juni memutuskan hubungan dengan Qatar dalam krisis diplomatik terburuk yang pernah terjadi di kawasan itu dalam masa bertahun-tahun.
         
BA dan Qatar Airways memiliki hubungan dekat. Keduanya merupakan mitra jaringan OneWorld dan berbagi kode sama pada penerbangan-penerbangan tertentu.
         
Qatar Airways, perusahaan penerbangan yang berpusat di Doha, memiliki 20 persen saham pada perusahaan induk BA, International Airlines Group.

ANTARA/REUTERS
T Mutiasari