Performa Jaringan Indosat Selama Mudik Berjalan Baik

id menkominfo dan indosat

Performa Jaringan Indosat Selama Mudik Berjalan Baik

Menkominfo Rudiantara didampingi manajemen Indosat memperhatikan trafik di NOC milik Indosat, Kamis (22/6) malam. (Foto:Kominfo)

Jakarta (ANTARA Lampung) - Performansi jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo mampu melayani pelanggan dengan baik selama masa mudik dan Lebaran 2017.

Siaran pers Divisi Humas PT Indosat Ooredoo yang diterima di Jakarta, Kamis, menyebutkan trafik telekomunikasi, khususnya layanan data, meningkat cukup signifikan, di puncak hari Lebaran tanggal 25 Juni 2017, sebesar 113,60 persen dibanding trafik data di hari Lebaran tahun sebelumnya (2016), menjadi sekitar 2813,18 Terabyte per hari.

Bila dibandingkan dengan trafik harian reguler, trafik data pada hari Lebaran meningkat sebesar 39,52 persen.

Peningkatan trafik data tertinggi selama masa mudik Lebaran 2017 terjadi pada hari puncak mudik Lebaran atau H-3 Lebaran, dimana trafik data di hari H-3 Lebaran meningkat menjadi sekitar 3.102,10 Terabyte per hari, atau naik 53,85 per hari dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Peningkatan trafik data ini sejalan dengan tren penggunaan sosial media di masyarakat, terutama aktifitas komunikasi menggunakan berbagai aplikasi dalam berkomunikasi dan bersilaturahmi selama masa Lebaran.

Berbeda dengan layanan data, trafik layanan suara dan SMS cenderung turun selama Lebaran 2017.

Bila dibandingkan dengan trafik reguler harian biasa, trafik suara pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 286.52 juta menit, atau turun sekitar 14,45 persen dan trafik SMS di hari Lebaran menurun menjadi sekitar 321,12 juta SMS, atau turun 31,40 persen.

Sementara keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 94,18 persen yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat Ooredoo.

Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 89,21 persen walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator.

Performansi jaringan Lebaran Indosat Ooredoo yang dapat melayani pelanggan dengan baik ini tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan Indosat Ooredoo, antara lain kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 7344 terabyte per hari, kapasitas layanan suara disiapkan menjadi 37,5 juta erlang per hari, dan untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,9 miliar SMS per hari.

Peningkatan kapasitas ini disiapkan untuk 95,6 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.

Selain itu performansi jaringan Indosat Ooredoo juga memastikan melayani dengan baik melalui pemantauan jaringan yang dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre.

Command Center beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Pemantauan juga dilakukan oleh fasilitas Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang memantau kualitas layanan aplikasi yang biasa digunakan pelanggan seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, Facebook, Spotify, Iflix, dan lain sebagainya.

Melalui fasilitas ini, Indosat Ooredoo memastikan bahwa tidak hanya kestablian jaringan namun juga kualitas dari masing-masing aplikasi berada dalam kondisi yang baik untuk mendukung aktivitas mudik dan Lebaran pelanggan.