Warga Lamtim padati objek wisata pantai

id Lebaran, pantai, objek wisata

Warga Lamtim padati objek wisata pantai

Pengunjung padati paantai kerang mas Kabupaten Lampung (FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)

Lampung Timur (Antara Lampung) - Ribuan warga memadati objek wisata pantai di Kabupaten Lampung Timur, seperti Pantai Kerang Mas, pada Selasa.
    
Berdasarkan pantauan di Pantai Kerang Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai,  menjelang siang banyak warga yang mengendarai motors berdatangan ke objek wisata pantai itu.
    
Pengunjung datang berombongan membawa serta istri dan anak-anaknya. Mereka mengaku memilih mengunjungi objek wisata pantai itu setelah Lebaran, karena senang dengan suasana pantainya.
    
Di Pantai Kerang Mas ini banyak anak bermain air di tepi pantai sepuasnya. Tersedia ban karet yang disewakan Rp5 ribu bagi pengunjung. Terdapat pula kapal "speedboat" dan beberapa kapal nelayan yang disewakan untuk mengangkut pengnjung yang ingin melihat suasana laut.
    
Namun pengunjung  mengeluhkan akses ruas jalan masuk ke wisata Pantai Kerang Mas, karena sepanjang setengah kilometer rusak parah, berlumpur dan terendam air.
    
Pengunjung yang mengendarai kendaraan bermotor harus ekstra hati-hati karena khawatir terjatuh di kubangan jalan yang dalam terendam air ini.
    
"Jalanya rusak seharusnya diperbaiki dulu, masak mau lebaran jalanya belum diperbaiki," kata Ahmad pengunjung objek wisata pantai ini.
    
Selain itu dia mengeluhkan tarif saung di objek wisata ini yang menurutnya semestinya digratiskan bagi pengunjung.
    
Ahmad dan keluarganya  menyatakan menyewa Rp50 ribu menyewa saung ini.
    "Iya bayar Rp50 ribu tadi sama panitianya, panitia minta Rp50 ribu tapi masak bayar duduk istirahat di saung ini tapi mau gimana lagi," katanya lagi.
    
Dia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur memperbaiki ruas jalan ke Pantai Kerang Mas dan menghapus sewa saung di objek wisata ini.
    
Di Pantai Kerang Mas ini terdapat 11 saung terbuat dari bambu yang baru dibuat berukuran sedang yang dibandrol ongkos sewa Rp50 ribu dan 2 saung besar dibandrol Rp75 ribu. Di tiap tiang saung tertempel harga sewa saung.
   
Panitia wisata Pantai Kerang Mas saat ditanya awak media mengaku menarik biaya sewa saung itu atas perintah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung Timur.
   
"Ini perintah Dinas Pariwisata  sewa saungnya," katanya salah seorang panitia wisata Pantai Kerang Mas.
    
Kausar warga Labuhan Maringgai yang datang bersama istri dan anaknya uga mengaku heran ruas jalan masuk di Pantai ini belum diperbaiki.
     
"Kok belum diperbaiki padahal lebaran ini ramai banget pengunjung ke Pantai Kerang Mas," katanya.
     
Sementara itu pantauan di ruas utama jalan lintas Pantai Timur (Jalinpantim) Kabaputen Lampung Timur sejak Selasa pagi hingga siang dipadati kendaraan bermotor.
    
Pengendaraan motor ini adalah warga di Lampung Timur yang akan bersilaturahmi ke sanak keluarga yang jauh di Lampung Timur dan warga yang akan pergi mengunjungi sejumlah objek wisata.
   
Umumnya para pengendara motor tidak memakai helm dan berboncengan dua dan tiga. Keramaian di ruas Jalinpantim akan berlangsung hingga sore hari ini.

ANTARA