Jalintim Lampung Padat Kendaraan Pemudik

id jalintim mulai padat, arus mdik lebaran 2017, mesuji lampung

 Jalintim Lampung Padat Kendaraan Pemudik

Jalan Lintas Timur Sumatera di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung mulai dipadati kendaraan pemudik terutama kendaraan pribadi dari luar daerah Lampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Raharja)

Mesuji, Lampung (ANTARA Lampung) - Jalan Lintas Timur Sumatera di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung beberapa hari menjelang Lebaran 2017 dipadati kendaraan pemudik terutama didominasi pengguna kendaraan pribadi dari luar daerah Lampung.

Pada Kamis (22/6) hingga Jumat, kondisi Jalan Lintas Timur (Jalintim) di Mesuji dipadati sejumlah kendaraan pribadi asal Pulau Jawa tujuan mudik Lebaran menuju Sumatera Selatan dan Sumatera Utara maupun daerah lain di Pulau Sumatera serta sebaliknya dari kota-kota di Sumatera yang hendak menyeberangi Selat Sunda menuju Pulau Jawa.

Jalintim dipadati kendaraan pribadi pemudik dengan pelat kendaraan asal Medan maupun Jakarta yang lalu lalang secara berlawanan arah.

Pada beberapa titik ruas Jalintim, seperti di Merapi, sejumlah kendaraan pribadi padat melintas. Namun arus kendaraan relatif lancar.

Pos Terpadu Mudik Lebaran 2017 di Kecamatan Simpangpematang, Mesuji menyediakan rest area, layanan kesehatan kerja sama Pemkab Mesuji, Dishub, Polres Mesuji hingga pelayanan sampai H+7 Lebaran 2017.

Namun bagi para pemudik, petugas kepolisian setempat telah mengingatkan untuk tetap waspada dan selalu melihat rambu-rambu lalu lintas, seperti saat mulai masuk Kecamatan Wates, Serdang dan Kecamatan Simpangpematang karena ada penyempitan jembatan rusak. Apalagi di Pasar Simpangpematang sering terjadi kemacetan arus lalu lintas kendaraan sekitarnya.

Pemudik pengguna kendaraan bermotor yang memasuki Desa Simpangpematang diingatkan untuk selalu melihat ke kanan dan kiri karena ada persimpangan jalan provinsi menuju Kabupaten Mesuji. Ada pula pasar di sekitarnya yang membuat macet arus lalu lintas dan banyak pedagang berjualan agar berhati-hati agar selamat sampai tujuan.

Provinsi Lampung merupakan pintu gerbang Sumatera ke Pulau Jawa dan sebaliknya, sehingga dilintasi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) pada Lintas Timur, Lintas Tengah, Lintas Barat, dan Jalan Lintas Pantai Timur (Jalinpatim).

Kondisi umumnya Jalinsum itu di Lampung makin padat beberapa hari jelang Lebaran 2017 ini, bahkan di sejumlah ruas sempat terjadi kemacetan arus lalu lintas karena dipadati pemudik yang hendak ke Sumatera maupun sebaliknya, menuju Pulau Jawa.

(ANTARA)