Ribuan Pemudik Masuki Terminal Rajabasa Pada H-3

id pramuka, arus mudik, bakauheni, lebaran 2017, rajabasa, terminal rajabasa

Ribuan Pemudik Masuki Terminal Rajabasa Pada H-3

Sejumlah pemudik antre turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni, Jumat (23/6/17) untuk menuju sejumlah angkutan umum. Sebagian besar akan bermuara ke Terminal Rajabasa, Bandarlampung. (ANTARA Lampung/Adie Pandawa)

Sebanyak 14.595 penumpang memasuki Terminal Rajabasa pada H-3, dengan tujuan berbeda
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Kepala Terminal Induk Rajabasa, Kota Bandarlampung Mustika mengatakan ribuan pemudik pada H-3 Lebaran memasuki terminal tersebut dengan tujuan wilayah kabupaten/kota di Lampung khususnya dan sejumlah daerah di Pulau Sumatera.

"Sebanyak 14.595 penumpang memasuki Terminal Rajabasa pada H-3, dengan tujuan berbeda," kata dia di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan, sejak tengah malam tadi jumlah penumpang yang memasuki Terminal Rajabasa terus meningkat.

Diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada hari ini, sebab gelombang pemudik terus bertambah dan bus silih berganti berdatangan dari Pelabuhan Bakauheni.

Mustika menjelaskan, jumlah pemudik pada H-3 atau tiga hari menjelang hari raya Idul Fitri di tahun 2017 ini menurun 20 persen dibandingkan tahun 2016.

"Tahun 2016 jumlah pemudik yang datang ialah 23.069 dengan jumlah bus 706," kata dia.

Untuk tahun 2017 jumlah keberangkatan dari Terminal Rajabasa pada H-3 yakni 13.291 penumpang dengan armada bus 438.

Di tahun 2016 jumlah keberangkatan pada H-3 lebih tinggi yakni 23.367 penumpang dengan jumlah armada bus 691.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang secara tiba-tiba, pihaknya telah mendirikan sejumlah tenda serta tempat khusus bagi pemudik ini untuk menjaga keamanan serta kenyamanan.

Sehingga kepada pemudik yang datang pada malam hari tidak perlu khawatir, sebab pihak terminal telah menyiapkan tempat khusus.

"Kepada pemudik diimbau jika datang pada malam hari dan terlalu lama menunggu jemputan diminta untuk beristirahat di posko yang telah disediakan," kata dia. *