Puncak Mudik Bandara Radin Inten H-3

id suasana ruang tunggu bandara

Puncak Mudik Bandara Radin Inten H-3

Ilustrasi Suasana di ruang Check in Bandara Radin Inten II Lampung (ist)

Branti, Lampung Selatan  (ANTARA Lampung) - Puncak arus mudik yang menggunakan jalur udara di Bandara Radin Inten II Lampung diprediksi terjadi pada H-3 atau tiga hari menjelang Lebaran 2017.

"Puncak arus mudik di Bandara Radin Inten II akan terjadi pada sore ini atau tepatnya H-3," kata Kepala Bandara Radin Inten II Satimin melalui Bagian Humas Wahyu Aria Sakti, di Branti, Lampung Selatan, Kamis.

Dia mengatakan, perkiraan arus mudik terjadi hari ini atau sore menjelang malam, dan bisa diprediksi jalur udara akan ramai.

Ia melanjutkan, kepadatan penumpang pengguna pesawat udara ini bertepatan dengan libur kerja baik yang swasta maupun pegawai negeri.

"Kami prediksi puncak arus mudik untuk jalur udara hari ini, karena besok sudah libur bersama jadi ada penumpukan penumpang," katanya lagi.

Lonjakan pemudik yang menggunakan moda transportasi pesawat sudah terlihat sejak H-6 Lebaran 2017 dengan penumpang 7.079 orang, untuk H-5 meningkat menjadi 7.254 penumpang, dan H-4 sebanyak 9.059 penumpang.

"Setiap hari terus mengalami peningkatan dan yang paling signifikan terjadi pada H-4, dan ini akan lebih meningkat pada H-3," kata dia lagi.

Peningkatan ini terjadi akibat jumlah penerbangan yang lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun ini ada 31 penerbangan, sedangkan tahun lalu hanya 22 penerbangan, sehingga jumlah penumpang yang datang dan pergi meningkat dua kali lipat dari tahun lalu.

Dalam arus mudik dan balik Lebaran 2017, Bandara Radin Inten II sudah menyiapkan pengamanan dari personel TNI AU dan kepolisian.(Ant)