Ribuan Guru Ngaji Bandarlampung Terima Bantuan Operasional

id wali kota dan thr guru ngaji, herman hn, bantuan opearisonal, guru ngaji, kota badnarlampung

Ribuan Guru Ngaji Bandarlampung Terima Bantuan Operasional

Wali Kota Bandarlampung Hermran HN saat memberikan sambutan pada pemberian bantuan insentif kepada guru ngaji se-Kota Bandarlampung, di Gedung Semergou, Selasa (20/6) (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

...Guru ngaji merupakan ujung tombak dalam membangun sikap dan akhlak warga masyarakat...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Ribuan guru ngaji di Kota Bandarlampung menerima bantuan operasional sebesar Rp1 juta per orang sebagai bentuk perhatian dari pemerintah setempat.

"Seperti yang kita ketahui bahwa peran dan fungsi guru ngaji adalah untuk membantu anak didik dalam mengenal serta mendalami Al Quran secara baik dan benar, karena itu perlu diberikan perhatian lebih," kata Wali Kota Bandarlampung, Herman HN di Bandarlampung, Selasa (20/6).

Dia mengatakan peran guru ngaji pun memberikan pengetahuan tentang nilai budi pekerti, akhlak, etika dalam keluarga serta lingkungan, selain pelajaran agama.

Ia melanjutkan guru ngaji merupakan ujung tombak dalam membangun sikap dan akhlak warga masyarakat, sesuai dengan ajaran agama serta tuntutan Al Quran dan hadits sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Bantuan yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp1 juta, yang dibagikan kepada 4.000 guru ngaji di 20 kecamatan di Bandarlampung," kata dia.

Dia mengatakan pembagian honor itu memang sudah menjadi program Pemkot Bandarlampung sejak beberapa tahun terakhir, dan baru tahap pertama.

Ia melanjutkan pemkot baru akan membagikan sisa bantuan operasional setelah Pemerintah Perovinsi Lampung membayarkan dana bagi hasil yang masuk piutang.

"Setelah utang Provinsi Lampung dibayarkan sisa honor guru ngaji senilai Rp1 juta akan dibayarkan, sebab dalam setahun sudah dijanjikan Rp2 juta," kata dia.

Ia menegaskan pembagian honor guru ngaji itu sebagai bentuk komitmen pemkot terhadap pembangunan di bidang keagamaan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Guru ngaji di Kota Bandarlampung menyambut baik bantuan yang diberikan oleh pemkot sebab dapat membantu perekonomian.

"Bantuan ini bisa membantu perekonomian terutama menjelang Lebaran, terlebih sebagai guru ngaji tidak ada pendapatan tetap. Kami melakukannya ikhlas," kata Robin warga Kelurahan Waylunik.

Dia mengatakan saat ini perhatian pemerintah terhadap pendidikan agama sangat baik, sejumlah tempat mengaji pun sudah mulai tertata rapih.(Ant)