Truk Barang Dominasi Kepadatan Jalinsum Lampung

id truk barang, jalinsum lampung

Truk Barang Dominasi Kepadatan Jalinsum Lampung

Truk Barang Makin Padat Lintasi Jalinsum Lampung (FOTO: ANTARA Lampung/Hisar Sitanggang)

...Truk banyak melintas dan memadati Jalinsum membuat arus lalu lintas tersendat dan macet dimana-mana...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Truk pengangkut barang mendominasi kepadatan arus mudik kendaraan di Jalan Lintas Sumatera dari Kabupaten Lampung Selatan menuju Kota Bandarlampung, Senin, membaur dengan pemudik bersepeda motor dan mobil pribadi, yang berangsur mulai mengalir.

Sepeda motor dan mobil pribadi berpelat nomor kota-kota di Sumatera, seperti Aceh, Medan, Riau, Bengkulu, dan Palembang melintas di Jalinsum Lampung menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Sebaliknya kendaraan berpelat nomor Jakarta dan kota lain di Pulau Jawa melintas dari arah Pelabuhan Bakauheni menuju Bandarlampung dan sejumlah wilayah di Sumatera.

Namun dominasi truk pengangkut barang serta mobil tangki menimbulkan kemacetan arus lalu lintas pada sejumlah ruas Jalinsum dari Bakauheni, Lampung Selatan ke Bandarlampung dan melanjutkan melintas di jalan raya Natar, Lampung Selatan ke tempat tujuan masing-masing.

Kemacetan terjadi pada setiap perempatan dan lampu merah, seperti di kawasan Simpang UIN Raden Intan Lampung, Simpang Korpri Way Halim, Simpang Way Kandis, Simpang Terminal Rajabasa-Politeknik Lampung dan sekitar Patung Radin Inten II di bundaran Rajabasa, Bandarlampung.

Kepadatan arus kendaraan pemudik yang membaur dengan truk angkutan barang itu berlangsung sepanjang hari memanjang dari arah Pelabuhan Bakauheni hingga masuk wilayah Kota Bandarlampung dan menuju Natar serta seterusnya melanjutkan perjalanan ke tujuan.

Diperkirakan kepadatan terjadi mengingat dalam waktu dekat akan ada larangan truk pengangkut barang nonsembako dan BBM dilarang melintas menjelang Lebaran 2017 dan beberapa hari sesudahnya, sehingga memburu bisa mengangkut sebelum lebaran ini.

Sejumlah pengguna Jalinsum di Bandarlampung mengeluhkan kepadatan arus lalu lintas yang didominasi truk dan mobil tangki itu, sehingga perjalanan menjadi terhambat dan kurang nyaman.

"Truk banyak melintas dan memadati Jalinsum membuat arus lalu lintas tersendat dan macet dimana-mana," kata Azis, warga Bandarlampung.

Dia mengaku selalu pergi dan pulang kerja melintas di Jalinsum bypass Soekarno-Hatta Bandarlampung dalam dua hari ini dipadati truk dan mobil tangki, sehingga terjadi kemacetan di sepanjang jalan nasional ini.

Lampung dilalui Jalan Lintas Sumatera pada Lintas Barat, Lintas Tengah, Lintas Timur, dan Jalan Lintas Pantai Timur Sumatera yang selalu dipadati kendaraan lalu-lalang dari Sumatera ke Pulau Jawa dan sebaliknya. Apalagi pada arus mudik dan balik setiap kali Lebaran.(Ant)