Bupati Waykanan: Pasar Murah Hanya Untuk RTM

id pasar murah waykanan, raden adipati surya, bupati waykanan, pasar murah untuk rtm

Bupati Waykanan: Pasar Murah Hanya Untuk RTM

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya memberikan kupon dan bantuan kepada warga tidak mampu saat membuka pasar murah di Kecamatan Negara Batin, Senin (12/6) (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Bila dijumlahkan seluruhnya untuk menebus tujuh item sembako tersebut hanya Rp152 ribu, artinya warga sudah menghemat hampir Rp50 ribu hingga Rp70 ribu...
Waykanan, Lampung (Antara Lampung) – Bupati Waykanan Raden Adipati menegaskan gelaran pasar murah ditujukan agar harga-harga barang-barang yang dijual dapat dijangkau oleh warga Rumah Tangga Miskin (RTM).

"Pasar murah ini digelar berkerja sama dengan perusahaan agar harganya dapat dijangkau oleh warga tidak mampu di kecamatan masing-masing," kata Bupati saat membuka kegiatan pasar murah di Kampung Purwanegara, Kecamatan Negara Batin, Waykanan, Senin (12/6).

Ia menjelaskan, di pasar murah itu masyarakat yang tidak mampu atau masuk katagori RTM akan diberikan kupon untuk dapat menebus sembako dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasaran.

Harga yang dijual di pasar murah ini relatif lebih murah, misalnya gula pasir 2 Kg hanya menebus Rp14 ribu, minyak goreng 2 kg seharga Rp15 ribu, paket kue (terigu, susu dan mentega) Rp24 ribu, paket minum sirup Rp12 ribu rupiah, paket softdrink Rp22 ribu, telur ayam 2 Kg Rp30 ribu dan dan beras 5 Kg dijual seharga Rp35 ribu.

"Bila dibandingkan dengan harga di warung atau pasar tradisional, harga jual di pasar murah lebih menghemat Rp3 ribu hingga Rp5 ribu," ujar Adipati.

Bila dijumlahkan seluruhnya untuk menebus tujuh item sembako tersebut hanya Rp152 ribu, artinya warga sudah menghemat hampir Rp50 ribu hingga Rp70 ribu.

Pemkab Waykanan menginginkan agar pasar murah ini bisa membantu warga kurang mampu untuk memenuhi kebutuhannya menjelang Idul Fitri.

Raden Adipati mengharapkan, dengan adnaya pasar murah benar-benar bermanfaat untuk para RTM yang ada di Kecamatan Negara Batin, karena biasanya menjelang Idul Fitri harga kebutuhan bahan pokok mengalami kenaikan hingga 2-3 kali lipat dari harga semestinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Waykanan, Yunada Atiek mengatakan Pemkab Waykanan telah menyiapkan 1.550 paket sembako murah bagi RTM di kecamatan Negara Batin.

"Ini khusus untuk RTM saja, bukan kalangan menengah ke atas," ujar mantan Kepada Dinas P2KA Waykanan ini

Yunada menjelaskan, hanya dengan Rp150 ribu masyarakat sudah dapat menebus tujuh item sembako yang disediakan oleh Pemkab Waykanan.

Suminah, warga Negara Batin mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Waykanan yang memberikan subsudi kepada masyarakat kurang mampu untuk membeli kebutuhan Hari Raya Idul fitri dengan harga murah.

Pasar murah yang digelar Pemkab ini sangat membantu warga  masyarakat golongan menengah ke bawah yang ekonominya pas-pasan, katanya.

"Kami senang dan terbantu dengan adnaya pasar murah, ke depan diharapkan jumlah warga RTM bisa menerima ditambah  lagi dan jumlah barang yang dijual bisa lebih banyak lagi," ujar Suminah. (ANTARA)