BKKBN Minta Dana Desa Juga Bangun SDM

id kepala bkkbn dan nikah dini

BKKBN Minta Dana Desa Juga Bangun SDM

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty (dok. bkkbn)

...Melalui pemanfaatan dana desa. Sekarang tiap desa punya dana, selain membangun infrastruktur, manusianya juga harus kita bangun, kata Surya...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Surya Chandra Surapaty menganjurkan agar dana desa bisa digunakan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) selain dianggarkan untuk pembangunan infrastruktur desa.

"Melalui pemanfaatan dana desa. Sekarang tiap desa punya dana, selain membangun infrastruktur, manusianya juga harus kita bangun," kata Surya saat memberi arahan untuk acara koordinasi penguatan Kampung KB di Jakarta, Kamis.

Surya menegaskan pentingnya membangun sumber daya manusia, terlebih di wilayah pedesaan, untuk bisa meningkatkan kesejahteraan desa.

Menurut Surya, perlu ada sinergi lintas sektor mulai dari pemerintah daerah hingga menjalin kemitraan dengan lembaga atau instansi nonpemerintah untuk membangun kualitas SDM.

Dia menjelaskan tentang perbandingan negara Indonesia dengan Korea Selatan dan Brasil yang sama-sama sebagai negara miskin pada awal kemerdekaan RI, namun kini kedua negara tersebut telah melaju pesat dalam hal teknologi dan SDM.

"Korsel dan Brasil dulu sama miskinnya dengan Indonesia tapi sekarang melejit karena mereka membangun manusia," kata Surya.

Oleh karena itu dia menegaskan peningkatan kualitas SDM mutlak harus dilakukan mengingat pada 2020 hingga 2035 Indonesia akan mendapatkan bonus demografi atau masyarakat usia produktif lebih dominan dibanding masyarakat nonproduktif.

Surya mengemukakan salah satu pembangunan manusia yang paling efektif dengan pendekatan keluarga yakni dimulai dengan pemenuhan gizi sejak awal kehamilan hingga masa emas perkembangan otak anak sampai usia dua tahun