Kenapa Liverpool putuskan tak merekrut Van Dijk ?

id Liga Inggris, Southampton, Liverpool

Kenapa Liverpool putuskan tak merekrut Van Dijk ?

Virgil van Dijk (scotzine.com)

London (Antara/Reuters) - Liverpool telah mengakhiri ketertarikan mereka untuk merekrut bek Virgil van Dijk, kata klub itu pada pernyataannya pada Rabu, sehari setelah media Inggris melaporkan bahwa klub pemilik sang pemain Southampton mengajukan keluhan kepada Liga Inggris terkait pendekatan ilegal.
        
Liverpool difavoritkan untuk mendatangkan bek tengah asal Belanda itu dan sang pemain dilaporkan oleh media Inggris pada awal pekan ini telah berkata kepada pasukan Juergen Klopp bahwa dirinya ingin bergabung dengan mereka.
        
Perkembangan terkini dalam saga transfer ini melibatkan sang pemain yang dikaitkan dengan kepindahan senilai 60 juta euro dari St Mary's.
        
"Liverpool Football Club menyampaikan penyesalan terhadap spekulasi media terkini terkait Southampton Football Club dan transfer-transfer pemain antara kedua klub," kata Liverpool dalam pernyataan di situs resminya.
        
"Kami meminta maaf kepada pemilik, dewan direktur, dan para penggemar Southampton untuk kesalahpahaman terkait Virgil van Dijk."
   
"Kami menghormati posisi Southampton dan dapat mengonfirmasi bahwa kami telah mengakhiri ketertarikan terhadap sang pemain."
   
Terdapat peraturan ketat mengenai transfer pemain, di mana klub baru dapat bernegosiasi dengan para pemain jika kontraknya telah habis atau saat biaya transfer telah disepakati dengan klub penjual. Hukum juga mengatur pendekatan-pendekatan tidak langsung via perantara.
        
Southampton telah berulang kali mengatakan mereka tidak berniat menjual Van Dijk, yang didatangkan dari Celtic dengan harga 13 juta pada September 2015 dan telah meneken kontrak baru berdurasi enam tahun pada 2016.
        
Kesepakatan baru tersebut merupakan penghargaan atas serangkaian penampilan impresif di jantung pertahanan "The Saints," meski ia tidak bermain sejak Januari setelah mengalami cedera ligamen pergelangan kaki.
        
Liverpool secara reguler telah menjarah kekuatan Southampton dalam beberapa musim terakhir, di mana para mantan pemain Saints Adam Lallana, Dejan Lovren, Sadio Mane, dan Nathaniel Clyne semuanya saat ini bermain di Anfield. Keempat pemain itu bergabung ke Liverpool dengan nilai transfer total lebih dari 100 juta pound dalam tiga tahun terakhir.
        
Kekisruhan transfer yang melibatkan Liverpool ini merupakan yang kedua tahun ini, di mana "Si Merah" menerima skors dua tahun karena merekrut pemain-pemain Akademi dari klub Liga Inggris lain setelah mengakui bahwa mereka melakukan pendekatan ilegal terhadap pemain 12 tahun milik Stoke City.

Antara/Reuters
Penerjemah : ARA Adipati/I Suhirwandi