Turki sergap kapal Kongo, satu ton heroin disita

id Turki, narkotika

Turki sergap kapal Kongo, satu ton heroin disita

Polisi antinarkotika Turki menunjukkan kemasan heroin yang disita dari kapal kargo dalam penyergapan di perairan internasional (7/6/17). (REUTERS/Kenan Gurbuz)

Istanbul (Antara/Reuters) - Pasukan keamanan Turki menyita lebih dari satu ton heroin, yang disembunyikan di kapal barang berbendera Republik Demokratik Kongo, dalam penyergapan di perairan internasional dengan penyitaan terbesar dalam sejarah Turki, kata kepolisian pada Rabu.
        
Penyergapan tersebut dilakukan setelah pasukan anti-narkotika menerima petunjuk bahwa kapal Komandan Tide, sedang menuju Turki dengan muatan obat terlarang, kata kepolisian dalam pernyataan.
        
Pasukan angkatan laut Turki, penjaga pantai dan pasukan khusus dari Provinsi Mersin, Laut Tengah Timur, mengambil bagian dalam penyergapan tersebut, menyita 40 karung berisi 1.071 kilogram heroin, yang disembunyikan di ruangan rahasia kapal itu, kata polisi.
        
Pernyataan itu juga mengatakan bahwa sembilan awak kapal tersebut ditahan dalam gerakan pada 2 Juni dan dibawa ke markas angkatan laut di Marmaris, Turki barat daya.
        
Penyitaan narkotika tersebut memiliki nilai pasar sekitar 200 juta lira (57 juta dolar AS), kata polisi.
        
Turki berada dalam jalur utama penyelundupan heroin dari Afghanistan menuju Eropa.

Antara/Reuters
Penerjemah : Aulia/B Soekapdjo