Perbaiki kebersihan Pasar Gudang Lelang

id Pasar tradisional, Pasar Gudang Lelang

Perbaiki kebersihan Pasar Gudang Lelang

Aktivitas perdagangan di Pasar Gudang Lelang Bandarlampung selalu ramai setiap harinya. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (Antara Lampung)- Pemkot Bandarlampung didesak segera memperbaiki kebersihan Pasar Gudang Lelang, karena pasar yang menjadi contoh revitalisasi pasar tradisional itu cenderung makin kumuh sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung untuk berbelanja.
    
Sejumlah pengunjung Pasar Gudang Lelang di Telukbetung Selatan Bandarlampung, Senin, menyatakan keunggulan pasar itu dibandingkan dengan pasar tradisional lainnya adalah faktor kebersihan dan kenyamanan berbelanja.
    
"Namun, belakangan ini kondisi pasar cenderung makin kotor dan kumuh. Ternak unggas hidup bahkan bisa dibawa ke dalam pasar, dipotong dan dibersihkan di dekat lapak penjualan," kata Duan, salah satu pengunjung pasar tersebut. 
    
Ia menyebutkan kebersihan Pasar Gudang Lelang perlu segera diperbaiki dan para pedagang harus aktif menjaga kebersihan pasar tersebut, agar minat masyarakat berbelanja ke pasar tradisional bisa tetap terjaga.
    
Selain itu, pasokan air ke Pasar Tradisional itu juga harus dijaga lancar, karena para pedagang menyebutkan pasokan air kerap terputus.
    
Berdasarkan pantauan, kebersihan Pasar Gudang Lelang kini tak berbeda dengan pasar tradisional lainnya, meski merupakan pasar tradisional percontohan yang diharapkan mampu bersaing dengan pasar modern.
     
Pasar Gudang Lelang umumnya dipadati pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat, untuk membeli ikan, daging, sayur-mayur, buah-buahan dan kebutuhan lainnya. Meski harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga di pasar tradisional lainnya, namun tetap ramai pengunjung karena mutu dagangan terjaga baik.
     
Pada  Februari 2016 lalu, Presiden Joko Widodo bahkan mengunjungi pasar ikan terbesar di Kota Bandarlampung itu, setelah itu baru mengecek  kemajuan pembangunan jalan Tol Trans Sumatera di Desa Sabahbalau Kabupaten Lampung Selatan.
     
Presiden dalam kunjungannya itu, menyapa para pedagang dan warga setempat, serta mengecek kondisi pasar  tersebut.
 Presiden berada di Pasar Gudang Lelang hampir 1,5 jam. Kepada para pedagang, Presiden menanyakan kondisi pasar serta aktivitas perdagangan mereka.
    
Sementara itu, sejumlah warga lainnya juga menyebutkan agar kebersihan pasar tradisional lainnya di Kota Bandarlampung juga ditingkatkan supaya kunjungan pembeli makin banyak ke pasar tradisional. 
    
Pasar tradisional di Kota Bandarlampung, di antaranya adalah Pasar Tugu, Pasar Way Kandis, Pasar Way Halim, Pasar Bawah, Pasar Bambu Kuning, Pasar Smep, Pasar Pasir Gintung, Pasar Beringin Jaya, Pasar Tamin, Pasar Cimeng, Pasar Kangkung dan Pasar Panjang.