BMKG Lampung: Waspadai Hujan Lebat dan Petir

id hujan lebat dan petir, bmkg, ilustrasi hujan. angin kencang

BMKG Lampung: Waspadai Hujan Lebat dan Petir

Ilustrasi hujan dan petir (ANTARA Lampung/ist)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan peringatan kondisi cuaca buruk diprakirakan terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Lampung, Jumat hingga Sabtu (3/6) pagi.

Menurut BMKG, seperti disampaikan petugas Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Jumat, kewaspadaan cuaca buruk itu berupa potensi hujan lebat disertai petir/kilat dan angin kencang diprakirakan terjadi di wilayah Kabupaten Way Kanan dan Lampung Barat pada malam dan dini hari.

Apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan "di-update" dan diinformasikan melalui peringatan dini cuaca ekstrem dan media sosial, kata petugas.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 2 Juni pukul 07.00 WIB hingga 3 Juni 2017 pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah timur hingga selatan dengan kecepatan antara 5-15 knot (9-28 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 5-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 24-33 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 19-30 derajat Celsius.

Kelembaban udara secara umum berkisar antara 58-95 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 65-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari cerah berawan hingga berawan.

Siang hari diprakirakan berawan potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, dan Lampung Utara.

Malam hari diprakirakan berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kabupaten Lampung Barat, Lampung Utara, Way Kanan, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Mesuji, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

Dini hari diprakirakan berawan. Potensi hujan sedang-lebat di Kabupaten Way Kanan dan Lampung Barat. Potensi hujan ringan dan sedang di Kabupaten Tulangbawang, Lampung Utara, Tulangbawang Barat, Tulangbawang dan Mesuji. (Ant)