Wali Kota Minta Tingkatkan Siskamling Selama Ramadhan

id wali kota bandarlampung herman hn, herman hn, cagub, siskamling

Wali Kota Minta Tingkatkan Siskamling Selama Ramadhan

Wali Kota Bandarlampung Herman HN (FOTO:ANTARA Lampung/Ist))

Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN meminta lebih meningkatkan sistem keamanan lingkungan atau Siskamling pada bulan Ramadhan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan.

"Siskamling harus ditingkatkan, dengan rutin baik itu siang maupun malam hari," kata dia di Bandarlampung.

Dia mengatakan, terutama siang hari penjagaan harus lebih rutin jika ada warga baru harus cepat didata.

Cepat melakukan pendataan terhadap warga baru, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Banyak sekali kejahatan dengan berbagai macam modus salah satunya berpura-pura menjadi tukang rongsok, itu yang harus dikhawatirkan," kata dia.

Ia menegaskan, kepada camat dan lurah memperketat pengawasan terhadap identitas warganya, terutama untuk warga yang tinggal di rumah kontrakan dan kos-kosan.

"Tempat kos itu yang harus sering dipantau sebab penghuninya sering kali berganti tanpa ada laporan. Seluruh elemen masyarakat harus ikut siaga bila perlu 24 jam. Jika ada penduduk baru, segera laporkan, tidak perlu harus nunggu 2X24 jam," kata dia.

Dia menegaskan bahwa upaya tegas harus dilakukan untuk menjamin keamanan di Kota Bandarlampung.

Selain menggalakkan siskamling, setiap wilayah disarankan untuk memasang portal hal ini juga untuk membantu penjagaan di malam hari.

"Ya kalau bisa ada portal di tiap jalan lingkungan, jadi kalau ada begal nggak bisa lari ke mana-mana. Tapi harus ada yang tetap jaga di dekat portal, takutnya pas ada kebakaran portalnya menghalangi," kata dia.

Menurutnya, situasi Kota Bandarlampung jelang Ramadhan 2017 aman, warga diminta jangan hanya mengandalkan pihak keamanan, namun harus turut membantu.