Medan, kota usaha di Sumut

id Medan, Sumut, usaha, industri

Medan, kota usaha di Sumut

Gunung Pusuk Buhit dilihat dari Desa Buhit Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, juga berkembang menjadi tujuan wisata di Sumut. (ANTARA LAMPUNG/Istimewa)

Medan (Antara Lampung) - Lokasi usaha di Sumatera Utara terbesar berada di Kota Medan, Deliserdang dan Langkat menyusul dominannya usaha/perusahaan perdagangan besar dan aceran di daerah itu.
         
"Hasil SE (Sensus Ekonomi) Sumut 2016, sebanyak 19,89 persen dari jumlah usaha yang ada di Sumut 1,18 juta unit berada di Medan sebesar 19,89 persen, di Deliserdang 11,61 persen dan Langkat 7,87 persen," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Jumat.
         
Menurut dia, Deliserdang dan Langkat memang daerah yang terdekat dengan Kota Medan yang menjadi ibu kota Provinsi Sumut.
         
Setelah tiga daerah itu, usaha terbanyak berada di Asahan dan Simalungun atau masing-masing  5,71 persen dan 5,52 persen.
         
Syech Suhaimi menyebutkan, berdasarkan hasil Sensus Ekonomi, jumlah usaha/perusahaan nonpertanian di Sumut 2016 meningkat 11,52 persen atau 1,18 juta.
        
Jumlah usaha 1,18 juta itu merupakan hasil SE 2016 dan jumlah usaha serupa itu meningkat dari SE 2006 yang masih 1,06 juta.
         
Adapun berdasarkan hasil SE 2016, dari 1,18 juta unit usaha itu sebesar 98,55 persen atau 1,16 juta berskala usaha mikro kecil (UMK) dan sisanya 17.120 unit berupa usaha menengah besar.
         
Adapun usaha, menurut lapangan usaha didominasi oleh kelompok perdagangan besar dan eceran sebanyak 556.140 unit atau 47,20 persen.
         
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Parlindungan Purba menyebutkan, pengusaha memang akan berinvestasi ke daerah-daerah yang perekonomiannya berkembang bagus.
        
Medan, Deliserdang dan Langkat sendiri diakui merupakan daerah yang perekonomiannya cukup bagus sehingga geliat ekonomi khususnya di usaha perdagangan dan eceran berkembang pesat juga.
       
Selain perekonomian, penetapan investasi di suatu daerah juga dilakukan investor dengan melihat respon pemerintah daerahnya. 

ANTARA