Pemprov Lampung Bantu Rp15,8 Miliar ke Desa

id gubernur rido di pesawaran, tegineneng, beri bantuan

Pemprov Lampung Bantu Rp15,8 Miliar ke Desa

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo pada pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-45 di Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Pesawaran, Selasa (23/5).(ist)

...Ini adalah semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan dengan target penguatan integritas sosial dan fungsi lembaga pemberdayaan, ujar Ridho...
Tegineneng, Lampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung memberikan bantuan bagi 2.640 desa dan kelurahan se-Lampung sebesar Rp15,8 miliar.

"Masing-masing desa dan kelurahan mendapatkan Rp6 juta," kata Gubernur Ridho pada pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-45 di Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng,  Pesawaran, Selasa (23/5)

Bantuan itu dicairkan dua tahap, yakni tahap pertama Rp3 juta mulai besok langsung ke rekening desa; tahap kedua dicairkan pada Triwulan IV 2017.

Ia menjelaskan bantuan untuk 250 desa masing-masing Rp240 juta via Program Gerbang Desa Saburai melalui Dinas Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) dengan total Rp75 miliar.

Berikutnya, juga hibah laptop dan printer untuk Kabupaten Tanggamus dan Lampung Utara.

Bantuan tersebut, kata Gubernur Ridho, merupakan stimulan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat.

"Ini adalah semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan dengan target penguatan integritas sosial dan fungsi lembaga pemberdayaan," ujarnya.

Tujuan lainnya, untuk memperkuat pemerintahan desa dalam membedayakan masyarakat.

"Saya meminta dana ini benar-benar untuk kegiatan produktif dan pemberdayaan masyarakat," kata Ridho.

Ia mengatakan bahwa semangat gotong royong merupakan pilar utama yang membuat Negara Kesatuan Republik Indonesia masih kukuh berdiri. Semangat yang tak mengenal agama, suku, dan ras ini membuat dunia kagum pada Indonesia.

"Namun, jiwa gotong royong kini mendapat tantangan era globalisasi yang sangat individual. Lewat acara ini, kita ingin menguatkan kembali semangat gotong royong yang mulai menipis," kata Gubernur Ridho.

BBGRM XIV bertema "Dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat, Kita Tingkatkan Sinergitas Program Pembangunan dan Partisipasi Masyarakat Melalui Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Jurai".

Kegiatan BBGRM juga mendapat dukungan dari satuan kerja perangkat daerah Provinsi Lampung.

Menurut Kepala PMD Provinsi Lampung Yuda Setiawan, dukungan operasional berasal dari Dinas Perdaganan senilai Rp35 juta. Selanjutnya, Dinas Kesehatan Rp1,56 miliar untuk kegiatan perbaikan gizi, pengobatan, pemberantasan penyakit, sanitasi, dan penanganganan kesehatan perorangan.

Berikutnya, Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan benih ikan bandeng dan nila sebesar Rp24,5 juta, sedangkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang membantu pembangunan jalan dan jembatan senilai Rp57,8 juta.

Bantuan juga disampaikan Dinas Kehutanan berupa 10.000 bibit kayu.

Selain itu, Dinas Ketahanan Pangan senilai Rp75 juta untuk kegiatan diversifikasi dan ketahanan pangan serta pendayagunaan pekarangan.

Sebanyak 250 paket sembako dari Biro Kesejahteraan Sosial, sunatan massal dari Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek, dan penyuluhan hukum dari Biro Hukum.  (Ant)