"UangTeman" Ekspansi ke Lampung

id ceo uang temen, uang temen

"UangTeman" Ekspansi ke Lampung

UangTeman sebagai pelopor layanan pinjaman online mikro di Indonesia. FOTO: Istimewa (istimewa)

...Setelah sebelumnya di Pulau Jawa, Bali dan Indonesia Timur kini, giliran Sumatera khususnya Lampung `UangTeman` hadir, kata Rio...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - "UangTeman" sebagai pelopor layanan pinjaman online mikro di Indonesia memperkuat jaringannya dengan ekspansi ke Provinsi Lampung.

"Setelah sebelumnya di Pulau Jawa, Bali dan Indonesia Timur kini, giliran Sumatera khususnya Lampung `UangTeman` hadir," kata Deputy of CEO UangTeman, Rio Quiserto di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan bahwa pada 1 Mei 2017, "UangTeman" resmi menjadi layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech) yang pertama di Lampung dengan menggarap Kota Bandarlampung dan menjadi kota kedua di Sumatera setelah Palembang.

Pembukaan akses layanan di Bandarlampung karena tingginya permintaan masyarakat setempat akan kebutuhan pinjaman uang secara online melalui "UangTeman".

Rio menjelaskan, selama ini rata-rata tiap bulan ada sekitar 1.000 orang dari Bandarlampung yang mengunjungi situs www.uangteman.com berdasarkan Google Analytic.

Tingginya angka itu menunjukkan permintaan masyarakat yang disertai tingkat kepercayaan terhadap `UangTeman` yang terus bertambah.

"Selain itu, kami juga menangkap momentum di Mei banyak masyarakat yang sedang membutuhkan modal usaha demi persiapan kebutuhan rumah tangga untuk menghadapi bulan Ramadhan, apalagi di `UangTeman` memberikan pinjaman uang `online` tanpa jaminan," ujarnya.

Ia menyampaikan, telah dibukanya akses layanan di Lampung akan terus mendongkrak pertumbuhan penyaluran pinjaman "UangTeman" terhadap masyarakat di Indonesia.

Selama kuartal pertama tahun ini, penyaluran pinjaman "UangTeman" tumbuh 100 persen atau mencapai sekitar Rp20 miliar jika dibandingkan kuartal pertama tahun 2016.

Chief Technology and Product Officer "UangTeman" Darmawan Zaini menjelaskan pertumbuhan signifikan dari penyaluran pinjaman uang kepada masyarakat seiring dengan kecepatan teknologi yang dibangun dan dimiliki oleh "UangTeman".

Ia menyatakan, pada 2017 diharapkan akses masyarakat untuk mengajukan pinjaman di "UangTeman" akan didominasi oleh aplikasi mobile baik di Play Store maupun App Store sebesar 60 persen dan sisanya masih dari desktop rimba.laut@uangteman.com melalui website www.uangteman.com sebesar 40 persen.

"Saat ini, setelah aplikasi pinjaman calon nasabah masuk di sistem kami, proses masuknya uang ke rekening tabungan sekitar dua hari kerja," katanya.

Namun untuk tahun ini, "UangTeman" siap mencairkan pinjaman uang ke rekening tabungan nasabah hanya dalam waktu 15 menit sejak aplikasi masuk. "Sehingga `UangTeman` tidak saja memberikan pinjaman tanpa jaminan tetapi juga menjadi perusahaan fintech (financial technology) yang tercepat dalam menyalurkan pinjaman uang secara `online`," katanya.

Selain itu, Darmawan mengungkapkan, hingga saat ini sudah ada sebanyak 6.000 nasabah "UangTeman" yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Dengan teknologi yang dibangun oleh `UangTeman`, dia optimistis, pihaknya dapat terus mempertahankan konsistensi dalam memitigasi terhadap risiko kredit macet (non performing loan/NPL) yang selama dua tahun terakhir masih tetap stabil di level sangat baik, yakni di bawah 3 persen.

Ia menambahkan, menjamurnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Bandarlampung yang membutuhkan modal usaha tanpa jaminan akan sangat terbantu dengan keberadaan "UangTeman".

Karena itu, masyarakat yang membutuhkan pinjaman uang "online" berkisar Rp1 juta hingga Rp4 juta tinggal mengakses website www.uangteman atau dari aplikasi mobile yang sudah diunduh baik di Play Store maupun di App Store.

"Ke depan, tidak hanya di Bandarlampung saja tetapi di kota lainnya di Lampung. Kami optimistis, dengan meningkatnya permintaan dari masyarakat, sampai akhir tahun ini mampu menyalurkan pinjaman uang sebesar Rp5 miliar di Lampung," katanya.   (Ant)