Pemkab Lampung Timur Gelar Pasar Murah

id pembkab lamtim buka pasar murah
Pemkab Lampung Timur Gelar Pasar Murah
Seretaris Daerah Pemkab Lampung Timur Syahrudin Putera membuka pasar murah yang digelar di Desa Pungung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik, Kamis (18/5). (Foto Humas Pemkab Lampung Timur)
Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar pasar murah pada enam titik wilayah kecamatan daerah ini.

Menurut Ardy Yuliandi, Kasubbag Humas dan Protokoler Pemkab Lampung Timur, di Lampung Timur, Kamis, menyebutkan enam titik pasar murah itu berada di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Marga Tiga, Rabu (17/5) yang dibuka Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari.

Selanjutnya di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kamis ini, dan Desa Bandar Agung, Kecamatan Sribhawono, Jumat (19/5), serta Desa Mataram Baru, Kecamatan Mataram Baru, Sabtu (20/5).

Lalu, Desa Sukadana Tengah, Kecamatan Sukadana, Minggu (21/5), dan terakhir di Desa Braja Sakti, Kecamatan Way Jepara, Senin (22/5).

Adapun bahan pangan yang disediakan pada tiap pasar murah yang digelar itu, antara lain beras sebanyak 533 kupon, minyak makan 1.167 kupon, gula pasir 1.167 kupon, tepung terigu 1.167 kupon, sirop 158 kupon, mentega 250 kupon, dan cola 150 kupon, dengan rata rata tiap kupon mendapat subsidi harga Rp3 ribu dari harga yang beredar di pasaran

Seretaris Daerah Pemkab Lampung Timur Syahrudin Putera membuka pasar murah yang digelar di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kamis.

Menurut Syahrudin Putera, pasar murah yang digelar tersebut mendapat apresiasi yang baik dari kalangan masyarakat sekitar.

Dia mengakui pasar murah yang digelar belum menjangkau semua wilayah di Lampung Timur.

Ia menyatakan tidak merata pelaksanaan pasar murah pada seluruh kecamatan yang ada di Lampung Timur yang berjumlah 24 kecamatan tersebut dikarenakan minim anggaran Pemkab Lampung Timur.

"Namun, paling tidak ini menjadi bukti kepedulian Pemkab Lampung Timur sekaligus ke depan nanti Insya Allah program-program seperti ini akan diperbanyak, kemudian volumenya juga diperbanyak," katanya lagi.

Ia menyatakan dengan digelar pasar murah itu, dapat mengendalikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok yang tengah merangkak naik menjelang puasa.

"Jadi, pasar murah ini adalah bentuk intervensi. Bentuk campur tangan pemerintah, untuk menekan lonjakan harga di luar kendali. Kalau dalam ekonomi itu ada istilah supply and demand, dimana ada permintaan banyak, maka harga akan naik. Begitu sebaliknya. Itu hukum ekonomi," katanya pula.

Turut mendamping Syahrudin Putera pada pada kegiatan pasar murah di Desa Pugung Raharjo itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat Rosdi, Kabag Humas Setdakab Lampung Timur Arly Rasyid, Camat Sekampung Udik Supriyanto, dan sejumlah tokoh masyarakat Desa Pugung Raharjo. (Ant)


Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.008 seconds memory usage: 0.35 MB