Disdiskbud Lampung Benahi Layanan Dan Kualitas Pendidikan

id kadisdik sulpakar dan unbk, kepala dinas pendidikan dan kebuadayaan, provinsi lampung, sulpakar

Disdiskbud Lampung Benahi Layanan Dan Kualitas Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Sulpakar (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung terus membenahi dan memperbaiki layanan pendidikan untuk peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Lampung.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs Sulpakar MM diwakili Joko Santoso (Kasi Kurikulum dan Penilaian Disdikbud Lampung), pada serah terima jabatan kepala SMAN 9 Bandarlampung, Jumat (12/5), menegaskan pihaknya akan terus membenahi dan memperbaiki serta meningkatkan kualitas pendidikan di Lampung.

Dia mencontohkan, pembenahan itu dengan memprogramkan untuk perbaiki Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah di daerah ini, seperti membatasi sebanyak 36 siswa rombongan belajar maksimal.

Pihaknya juga segera memperbaiki teknis sekolah, termasuk memacu peningkatan kualitas sekolah di Bandarlampung sebagai barometer, seperti di SMAN 2 Bandarlampung dan SMAN 9 Bandarlampung.

Berkaitan akses pendidikan, menurutnya, Program Bina Lingkungan (Biling) tanpa tes yang dilaksanakan di Kota Bandarlampung selama ini ternyata dampaknya krusial bagi mutu dan pengelolaan sekolah yang terdegradasi.

"Ke depan Pemprov Lampung menyiapkan dana Rp75 miliar untuk siswa tidak mampu di sekolah negeri dan swasta akan dibiayai pemerintah. Jangan khawatir siswa tidak mampu walaupun Program Biling tidak diterapkan lagi di SMA/SMK Bandarlampung, mengingat banyak dukungan pembiayaan untuk siswa miskin agar tetap dapat bersekolah," ujarnya.

Joko menegaskan bahwa mutu pendidikan di Lampung akan terus diperbaiki, sekolah terus ditata. Perbaiki pelan-pelan. Pendidikan segera terlayani dengan baik. Semua itu adalah tekad Pemprov Lampung yang dijalankan Dinas Dikbud Lampung bersama jajaran," katanya.

Sementara itu Suharto, Kepala Sekolah baru SMAN 9 Bandarlampung, salah satu SMA favorit di Provinsi Lampung menegaskan tekadnya untuk menjadikan sekolah ini salah satu yang terbaik dan dapat mengukir prestasi di tingkat daerah maupun nasional, bahkan internasional.

"Pesan-pesan yang disampaikan sudah didengarkan. Berharap, keluarga besar SMAN 9 Bandarlampung dapat menerima sepenuh hati. Bukan hal yang mudah memimpin di sekolah yang hebat ini," katanya.

Namun dia bertekad menjadikan SMAN 9 Bandarlampung menjadi terbaik sehingga berprestasi pada level nasional, bahkan internasional.

Menurut Suharto yang juga mantan Kepsek SMAN 7 Bandarlampung, siswa di SMAN 9 Bandarlampung dinilai punya potensi besar, dan guru-gurunya juga banyak instruktur nasional.   (Ant)