WNI di mancanegara dukung Ahok

id Ahok, Lilin untuk Ahok

WNI di mancanegara dukung Ahok

Massa pendukung Ahok di Tugu Proklamasi menyalakan lilin tanda solidaritas. (ANTARA News/Natisha)

Jakarta (Antara Lampung) -Warga negara Indonesia (WNI) di beberapa negara akan menggelar aksi simpati untuk Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, dengan menyalakan lilin, menyanyikan lagu nasional Indonesia dan memakai busana hitam atau merah dan putih.
     
Dalam poster melalui layanan komunikasi Wechat, yang diterima Antara, Jumat, aksi simpati akan digelar Warga Negara Indonesia di alun-alun Nathan Philips, Toronto, Provinsi Ontario, Kanada pada Jumat pukul 21.00 waktu setempat.
     
Acara dengan judul "Candlelight Vigil, Justice For Ahok" itu menekan kebersamaan dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
     
Panitia mewajibkan peserta untuk memakai busana warna hitam.
     
Aksi simpati untuk Ahok juga akan digelar di Perth, negara bagian Australia Barat, pada Sabtu (13/5) di Taman Sir James Mitchell, Ranelagh Cress, Perth Selatan.
     
Dalam poster kegiatan itu tertulis "Calling to All WNI, For Unity". Tertulis pula "Pak Ahok, You'll Never Walk Alone!".
     
"Perjuanganmu, bukanlah seorang diri, perjuanganmu adalah perjuangan Kami, untuk mewujudkan Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika,", demikian sederet kata di sisi lain poster tersebut.

Acara yang digelar pukul 14.00 waktu setempat itu  mewajibkan seluruh peserta yang hadir untuk mengenakan busana merah dan putih.
     
Pada hari yang sama, WNI di Vancouver, Kanada menggelar aksi simpati bertajuk "Vancouver Pray For Indonesia, Solidarity with Ahok" di Vancouver Art Gallery, Robson Side.
     
Pada acara yang digelar pukul 20.00 waktu setempat itu panitia mewajibkan peserta untuk membawa lilin, dan busana warna merah atau hitam dan putih.

Seluruh WNI yang hadir dalam acara itu juga akan menyanyikan lagu-lagu nasional Indonesia.
     
Sejumlah WNI di Los Angeles, Amerika Serikat, juga akan menggelar aksi simpati dengan judul "Malam Keprihatinan Peradilan Indonesia" pada Sabtu (13/5) pukul 17 waktu setempat.  

Panitia mewajibkan peserta untuk membawa lilin sebagai tanda keprihatinan terhadap sistem peradilan di Indonesia. Selain menyalakan lilin, doa bersama pun akan dipanjatkan begitupun lagu nasional Indonesia akan dikumandangkan, pada acara itu.
     
Dari Sydney, Australia dikabarkan akan digelar aksi simpati bertajuk "You'll Never Walk Alone, Justice For Ahok" di Taman Botani, Rumah Opera Sydney pada Minggu (14/5) mulai pukul 16.00 waktu setempat hingga selesai.
     
Aksi serupa akan digelar di Taipei Main Station East3 Taiwan pada Minggu (14/5). Dalam poster undangannya tercantum ¿#Taiwan4Ahok, We Stand For Unity¿.
     
Aksi yang akan digelar pada pukul 18 waktu setempat itu, bertajuk "Malam Solidaritas Matinya Keadilan", dan mewajibkan siapa pun yang hadir mengenakan busana merah dan putih.

ANTARA