Militer Afghanistan tewaskan 71 gerilyawan

id Afghanistan, Taliban

Militer Afghanistan tewaskan 71 gerilyawan

AU Afghanistan sudah diperkuat dengan pesawat tempur ringan, A-29 Super Tucano buatan AS (khaama.com)

Kabul (Antara/Xinhua-OANA) - Pasukan keamanan Afghanistan telah melanjutkan upaya untuk membersihkan gerilyawan di berbagai provinsi bergolak dan menewaskan 71 gerilyawan dalam operasi terakhir, kata Kementerian Pertahanan pada Selasa.
        
"Pasukan Keamanan dan Pertahanan Nasional Afghanistan melancarkan operasi pembersihan di beberapa provinsi dalam 24 jam belakangan, menewaskan 71 gerilyawan bersenjata, melukai 35 lagi dan menahan beberapa orang," kata Kementerian itu di dalam satu pernyataan.
        
Pasukan keamanan juga menemukan dan menyita senjata, kata pernyataan tersebut, sebagaimana diberitakan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa malam. Ia tidak menjelaskan apakah ada korban di pihak ppasukan keamanan.
        
Pasukan Keamanan dan Pertahanan juga menjinakkan beberapa bom pinggir jalan dan ranjau darat selama penyerangan yang dilancarkan di 17 dari 34 provinsi di negeri tersebut, kata pernyataan itu.
        
Pasukan keamanan Afghanistan telah meningkatkan operasi keamanan terhadap gerilyawan belum lama ini, saat musim semi dan musim panas, yang dikenal sebagai musim pertempuran, mendekat di negara Asia Tengah tersebut.
        
Dalam peristiwa berbeda, seorang pejabat senior keagamaan tewas dan tujuh orang lagi cedera dalam satu serangan bom di Provinsi Parwan, Afghanistan Timur, pada Selasa, demikian laporan media setempat Tolo News.

Penerjemah : Chaidar
Antara/Xinhua-OANA