Mustafa Kenalkan Program "Kece" ke Mahasiswa UTB

id mustafa kuliah umum di utb, mustafa kenalkan program kece, bupati lampung tengah

Mustafa Kenalkan Program "Kece" ke Mahasiswa UTB

Bupati Lampung Tengah Mustafa saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Tulang Bawang (UTB), Selasa (9/5) (Foto: Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Dengan harapan program Kece ini dapat melahirkan pemuda yang kaya akan potensi dan skill. Jadi, mahasiswa diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam pembangunan," jelasnya...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Tengah Mustafa memperkenalkan program "Kampung Enterprenur Creative" (Kece) saat memberikan kuliah umum di Universitas Tulang Bawang (UTB) Bandarlampung, Selasa.

Program Kece merupakan program unggulan Bupati dalam membangun Lampung Tengah.

Dalam pemaparannya, Mustafa yang juga Ketua DPW Partai NasDem Lampung ini mengatakan, peran serta mahasiswa dalam mengembangkan potensi daerah sangat diharapkan oleh setiap pemangku kebijakan di daerah tersebut.

Sebab, dia sangat meyakini peran mahasiswa akan bergantung pada kemajuan di suatu daerah yang dimulai dari kampung. Untuk itu, dalam hal mensinergikan program merakyat, Mustafa akan terus mencoba menggandeng mahasiswa.

"Dengan harapan program Kece ini dapat melahirkan pemuda yang kaya akan potensi dan skill. Jadi, mahasiswa diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam pembangunan," jelasnya.

Selain itu, dia berkeinginan Kabupaten Lampung Tengah menjadi pusat pengembangan potensi mahasiswa, baik teori maupun praktek. Untuk itu, pihaknya akan berupaya melibatkan mahasiswa UTB.

"Saya ingin Lampung Tengah menjadi tempat praktek mahasiswa UTB, Jadi bukan hanya sekedar teori saja," kata Mustafa.

Menurut dia, mahasiswa mestinya mulai mengubah pola pikir, ketika selesai kuliah jangan hanya mencari pekerjaan, dengan skill yang dimiliki mahasiswa usai kuliah bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Ia menjelaskan, Pemkab Lampung Tengah telah menganggarkan Rp250 miliar ke kampung-kampung untuk meningkatkan keamanan, penerangan, dan infrastruktur di kampung.

"Inisiasi tersebut juga untuk mengurangi jumlah anak muda yang terfragmentasi narkoba, perjudian, dan hal negatif lainnya," kata dia.

Tujuan Kece dengan anggaran Rp10 juta per kampung ini sangat diperkaya bagi anak muda yang berkreasi sambil bekerja. Sebab, sebagai pemimpin itu yang terpenting bekerja untuk rakyat, melayani, dan memberikan solusi.

Pada kesempatan itu, Mustafa juga menandatanganani Nota Kesepahaman (MoU) bidang pendidikan antara Pemkab Lampung Tengah dengan Rektor UTB Akhrul Latief.

Akhrul mengapresiasi program ronda Mustafa yang dinilainya menyentuh langsung ke masyarakat, sebab pembangunan daerah tidak akan berjalan tanpa mendahulukan keamanan.

 MoU dilaksanakan sebagai bentuk kepercayaan UTB atas program dan inovasi yang digulirkan Mustafa.

"Kami sangat mengapresiasi program Bupati yang kami nilai sangat pantas jika diterapkan di seluruh Lampung. Beliau juga aktif turun ke lapangan," ujarnya.

Rektor berharap melalui kerja sama ini semakin meningkatkan sinergitas antara perguruan tinggi dengan pemerintah dalam membangun daerah, khususnya Lampung Tengah. (ANTARA)