Pemkot Bandarlampung Tambah Mobil Ambulans Gratis

id wali kota dan hut balam, herman hn

Pemkot Bandarlampung Tambah Mobil Ambulans Gratis

Wali kota Bandarlampung Herman HN saat memberikan sambutan pada acara jalan sehat HUT ke-335 Kota Bandarlampung di Tugu Adipura, Bandarlampung, Minggu (7/5) (FOTO:ANTARA Lampung/Roy Baskara Pratama)

...Mobil ambulans gratis akan ditambah dan tetap disiagakan di Tugu Adipura, kata Wali Kota...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampung berencana menambah mobil ambulans gratis untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Mobil ambulans gratis akan ditambah dan tetap disiagakan di Tugu Adipura," kata Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. di Bandarlampung, Senin.

Dia mengatakan penambahan mobil merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga jika ada mereka yang ingin diantar ke rumah sakit atau puskesmas segera cepat dilakukan.

Pemkot berencana menambah enam unit ambulans sehingga total mobil ada 12 dan seluruhnya siap melayani masyarakat secara gratis.

"Semua pelayanan gratis ke masyarakat, tinggal telepon nomor mobil ambulans dan langsung meluncur," katanya.

Penambahan mobil ambulans itu akan dilakukan pada tahun ini atau sekitar Juni atau Juli.

"Dengan begitu tidak ada lagi warga yang menunggu antrean mobil," katanya.

Mobil itu secara gratis akan mengantarkan masyarakat ke rumah sakit atau puskesmas, termasuk mengantar jenazah ke pemakaman.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli mengatakan pada 2017 pemkot mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat yang dipergunakan untuk pembelian mobil ambulans.

"Mobil ambulans ini menggunakan anggaran dari DAK, dengan nilai Rp4 miliar," kata dia.

Dia mengatakan rencananya ada 19 mobil yang akan dibeli, nantinya enam untuk mobil ambulans gratis yang siaga di Tugu Adipura, sedangkan 13 mobil disiagakan di puskesmas untuk membantu operasional pasien rujukan.

"Kita mengutamakan puskesmas rawat inap yang akan ada dua mobil, sebab di Bandarlampung ada 12 puskesmas rawat inap," kata dia.

Dia mengatakan sudah ada 400 orang yang menggunakan jasa mobil ambulans gratis.  (Ant)