Presiden Jokowi Ternyata Pernah "Ngontrak" Rumah

id jokowi pernah ngontrak rumah, presiden resmikan perumahan sederhana, villa kencana cikarang

Presiden Jokowi Ternyata Pernah "Ngontrak" Rumah

Presiden Joko Widodo (FOTO: Antaranews.com/Dok)

...Dulu saya waktu ngontrak rumah kemudian memiliki rumah, dengan tipe ini juga, kamarnya juga dua lho, kamarnya sama," ujar Jokowi...
Cikarang, Jabar (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo mengungkapkan sebelum punya rumah sendiri dulu pernah mengontrak rumah selama sembilan tahun.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi kepada warga saat meresmikan pembangunan rumah sederhana di Desa Sukakarya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Saya dulu sembilan tahun ngontrak, baru bisa beli rumah. Jadi Alhamdulillah kalau ini bisa dirasakan dan bisa dicicil dengan baik," kata Jokowi dalam sambutannya saat meresmikan rumah sederhana untuk masyarakat di perumahan Villa Kencana Cikarang pada Kamis sore.

Presiden mengatakan warga perlu mengatur keuangan dengan cermat sehingga dapat memiliki rumah sederhana.

Dengan uang muka yang dibantu oleh pemerintah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) maka masyarakat dapat memiliki tempat tinggal secara lebih ringan.

"Saya kira masyarakat, pemilik-pemilik, asal bisa mengatur keuangan dengan baik terutama gaji diatas Rp3 juta kalau dipakai 800 ribu per bulan saya kira bisa," jelas Jokowi terkait cicilan untuk rumah.

Sebanyak 8.749 unit rumah tipe 25/60 akan dibangun di komplek Villa Kencana Cikarang diatas tanah seluas 105 hektare itu.

Pemerintah dalam Program Sejuta Rumah memberi bantuan sebesar Rp4 juta untuk meringankan uang muka dan biaya balik namasetiap rumah sederhana.

"Rumah ini ada dua kamar dan satu kamar mandi. Lebih dari cukup. Dulu saya waktu ngontrak rumah kemudian memiliki rumah, dengan tipe ini juga, kamarnya juga dua lho, kamarnya sama," ujar Jokowi.

Pemerintah melalui Program Sejuta Rumah membantu fasilitas keringanan uang muka rumah sederhana untuk tempat tinggal masyarakat di sejumlah provinsi.

"Nanti rezeki Allah yang mengatur. Sekarang cicil, nanti ada rezeki yang lebih baik, nanti beli rumah yang lebih gede. Tapi ya paling tidak step pertama, rakyat, Pak Us Us, Pak Aep sudah memiliki rumah terlebih dulu," kata Jokowi saat diskusi bersama beberapa pembeli rumah yang diajak naik ke panggung. (ANTARA)