Mustafa Ajak Mahasiswa Bersinergi Bangun Daerah

id mustafa kuliah umum di itera, bupati lampung tengah, kampung entrepeneur creative (kece)

Mustafa Ajak Mahasiswa Bersinergi Bangun Daerah

Bupati Lampung Tengah Mustafa (berdiri) saat memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Sumatera (Itera), Lampung, Kamis (4/5) (Foto: Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Dengan program Kece ini diharapkan dapat melahirkan pemuda yang kaya akan potensi dan keterampilan kewirausahaan," kata Mustafa...
Bandar Lampung (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Tengah Mustafa mengajak mahasiswa di Lampung untuk bersama-sama bersinergi dengan pemerintah membangun daerah menjadi lebih baik.

"Mahasiswa sebagai bagian dari warga masyarakat mempunyai peran strategis dalam meningkatkan pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat lokal," kata Bupati Mustafa saat mengisi kuliah umum di Institut Teknologi Sumatera (Itera) di Bandarlampung, Kamis.

Mustafa meyakini bahwa peran mahasiswa sangat krusial dalam kemajuan suatu daerah, karena itu untuk menyukseskan program kerakyatan yang diusungnya, ia akan mencoba menggandeng mahasiswa.

Ke depan Mustafa bakal mencanangkan program "Kampung Entrepeneur Creative" (Kece) yang digulirkan untuk pemuda-pemuda di setiap kampung di Lampung. Partisipasi mahasiswa tentunya sangat dibutuhkan untuk menyukseskan program tersebut.

"Dengan program Kece ini diharapkan dapat melahirkan pemuda yang kaya akan potensi dan keterampilan kewirausahaan. Jadi, mahasiswa diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam pembangunan," katanya.

Bupati Mustafa yang dikenal dengan program rondanya ini menyatakan Pemkab Lampung Tengah membuka kerja sama seluas-luasnya dengan perguruan tinggi atau akademisi di Lampung yang mempunyai visi sama untuk membangun daerah.

Kerja sama tersebut bisa dilaksanakan dalam bentuk penelitian, kerja kuliah nyata, pengabdian masyarakat, atau kerja sama pendidikan lainnya yang mampu mendorong pemberdayaan masyarakat.

"Kami membuka kesempatan luas bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan dirinya dan masyarakat. Kabupaten Lampung Tengah bisa menjadi pusat pengembangan potensi mahasiswa, baik teori maupun praktik," ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, Pemkab Lampung Tengah telah menerima 2.700 mahasiswa melalui program KKN. Mahasiswa diberi kesempatan luas untuk mengeksplorasi dan melakukan pemberdayaan masyarakat dalam rangka memajukan kampung.

Kabupaten Lampung Tengah juga membuka peluang baru pengembangan Ilmu dan teknologi program "Smart Netizen" di kampung-kampung, sebab banyak perusahaan yang besar khususnya di Lampung Tengah bisa maju karena menguasai teknologi.

"Mahasiswa mestinya mengubah pola pikir, ketika selesai kuliah tidak hanya fokus mencari pekerjaan, tapi dengan keterampilan mahasiswa bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri," tambahnya.(ANTARA)