Ajax kian dekat final liga Europa

id Ajax kian dekat final liga Europa, liga europa

 Ajax kian dekat final liga Europa

Bertrand Traoré mencetak gol pertama Ajax melawan Lyon di leg pertama semifinal liga Europa. ( Olaf Kraak / EPA)

Bertrand Traore memimpin timnya dengan dua gol pada semifinal leg pertama Liga Europa yang berlangsung sengit,...
       
Amsterdam,  (Antara/Reuters) - Ajax Amsterdam menampilkan permainan yang senilai dengan masa lalu gemilang mereka ketika mereka menghancurkan Olympique Lyonnais dengan skor 4-1 pada Rabu, untuk melangkah lebih dekat kepada final Eropa pertama mereka sejak 1996.

Bertrand Traore memimpin timnya dengan dua gol pada semifinal leg pertama Liga Europa yang berlangsung sengit, di mana tim Belanda itu menurunkan tim inti dengan usia rata-rata di bawah 22 tahun.

Pemain belia asal Denmark Kasper Dolberg dan Amin Younes juga menyumbang gol untuk Ajax, sedangkan Mathieu Valbuena membalas satu gol untuk sang tamu yang berasal dari Prancis, yang semestinya dapat dengan mudah mencetak tiga atau empat gol.

 Juara Eropa empat kali Ajax sempat menjadi salah satu tim terbesar di Eropa, namun mereka tidak mampu bersaing secara keuangan dengan tim-tim dari Inggris, Spanyol, dan Jerman.  
   
Penampilan terakhir mereka di final Eropa adalah pada Liga Champions pada 1996, ketika mereka kalah adu penalti dari Juventus.

 Dalam suasana yang ramai, tim tamu menjadi tim yang lebih baik pada 20 menit pembukaan, menekan Ajax tinggi di lapangan dan menyulitkan tim tamu untuk keluar dari area pertahanannya sendiri.

 Namun arah permainan berubah sepenuhnya setelah Ajax memimpin pada menit ke-25, Traore menyundul bola tendangan bebas Hakim Ziyech untuk mengarahkan bola melewati kiper Anthony Lopes.

 Penyerang asal Burkina Faso itu, yang dipinjam dari Chelsea, juga menjadi aktor dari gol kedua Ajax sembilan menit kemudian ketika ia menyundul bola sapuan buruk Lopes ke arah pergerakan Dolberg, yang melepaskan tembakan mendatar melewati sang kiper asal Portugal.

Ajax memperbesar keunggulan mereka saat babak kedua baru berlangsung empat menit ketika Ziyech memainkan umpan terobosan kepada Younes, yang menaklukkan Lopes dengan tembakan yang terdefleksi.   
   
Bola mengenai seorang pemain bertahan dan gol pun dihadiahkan tanpa bantuan teknologi garis gawang yang tidak digunakan di Liga Europa.

Valbuena memperkecil ketertinggalan timnya pada menit ke-66, mencetak gol dari tepi kotak penalti setelah sundulan sapuan yang jatuh di kakinya. Nabil Fekir nyaris membukukan gol kedua untuk Lyon tidak lama kemudian, namun digagalkan oleh Andre Onana.   
   
Traore merestorasi keunggulan tiga gol Ajax, melepaskan tembakan dari jarak dekat setelah assist ketiga Ziyech di pertandingan ini.

Kedua tim terus menekan di mana Onana melakukan penyelamatan ganda untuk menggagalkan peluang Lyon, meski Ajax mampu melakukan beberapa serangan balik yang bagus namun dapat digagalkan Lopes pada menit-menit akhir yang berlangsung menegangkan.

Klub Spanyol Celta Vigo akan menjamu tim Inggris Manchester United pada leg pertama semifinal kedua pada Kamis.

    (H-RF)