Jokowi naiki motor pustaka Sugeng Hariyono

id sugeng hariyono, jokowi, sepeda pustaka, literasi

Jokowi naiki motor pustaka Sugeng Hariyono

Presiden Joko Widodo menaiki Motor Pustaka Sugeng Hariyono dan berfoto bersama, di Istana Negara Jakarta, Selasa (2/5). (Foto: Dokumentasi Sugeng Hariyono)

Sugeng Hariyono adalah pegiat literasi asal Kabupaten Lampung Selatan, yang diundang Presiden Joko Widodo. Dia mewakili teman temanya pegiat literasi Armada Pustaka Lampung...
Lampung Timur,   ( ANTARA Lampung)  - Sugeng Hariyono pegiat literasi asal Lampung yang diundang Presiden Joko Widodo ke Istana Negara mengaku senang dan bangga Presiden berkenan menaiki sepeda motornya yang digunakan sebagai perpustakaan keliling.
    
"Pak Jokowi  berkenaan menaiki motor pustaka yang saya bawa ke Istana dan berfoto," kata dia, melalui pesan singkat dari Jakarta, Selasa malam.
     
Sugeng  menuturkan pertemuannya dengan Kepala Negara bersama 38 pegiat literasi dari berbagai wilayah di Indonesia yang diundang oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Negara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5).
    
Sugeng Hariyono adalah pegiat literasi asal Kabupaten Lampung Selatan, yang diundang Presiden Joko Widodo.   Dia mewakili teman temanya pegiat literasi Armada Pustaka Lampung.
    
Menurut Sugeng yang dikenal dengan motor pustakanya, Presiden Jokowi mengaku senang bertemu dengan ke-38 pegiat literasi yang diundangnya.
    
"Presiden Jokowi mengaku senang sekali bisa bertemu dengan para pegiat literasi, yang sebagian kisahnya sudah didengarnya, terutama dalam mendorong dan membuat masyarakat kita menjadi lebih pintar, menjadi lebih cerdas, menjadi lebih terbuka wawasannya dengan cara-cara memberikan bacaan," kata Sugeng.
    
Dia mengatakan dalam pertemuan itu Presiden  mendengarkan setiap usulan dan keluhan dari setiap pegiat literasi,
    
"Beliau mau mendengarkan cerita suka duka pengiat literasi dari perahu pustaka, kuda pustaka, motor pustaka, motor jamu pustaka, dan noken pustaka" kata dia lagi.
  
Presiden pun berharap semakin banyak penggiat literasi atau pustaka bergerak menumbuhkan minat baca masyarakat.
    
"Kata beliau itu cara lebih efektif dalam menumbuhkembangkan minat baca masyarakat terutama kalangan anak-anak," ujar Sugeng lagi.
     
Sugeng sendiri selama ini dikenal menggiatkan  gemar membaca di daerahnya di Kabupaten Lampung Selatan, dengan mengendarai sepeda motor dia biasa berkeiling ke desa-desa sambil membawa sejumlah buku.
    
Dengan motornya itu dia menemui masyarakat dan anak-anak di desa demi menumbuhkan minat membaca.
Pegiat literasi motor pustaka ini pun berkesempatan bertemu Presiden Joko Widodo setelah mendapat undangan dari pihak istana bersama 37 pegiat literasi dari seluruh wilayah di Tanah Air.*