Ela Jadi Legislator Teruskan Perjuangan Kartini

id Wakil Ketua I DPRD, Kabupaten Lampung Timur, Ela Siti Nuryamah

 Ela Jadi Legislator Teruskan Perjuangan Kartini

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lampung Timur Ela Siti Nuryamah (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lampung Timur Ela Siti Nuryamah mengajak kaum perempuan untuk mau maju, bekerja, berkarya, dan berani mengambil pilihan.

Apalagi, menurut perempuan kelahiran 3 Oktober 1983 ini, kesempatan tersebut di Indonesia telah dibuka oleh RA Kartini yang berani mengambil pilihan berjuang mencita-citakaan kesetaraan pendidikaan bagi kaum perempuan.

"Tetapi konteks sekarang perempuan mengambil bagian dalam proses pembangunan seutuhnya sesuai zamannya," ujar dia di Lampung Timur, Minggu  (30/4).

Baginya pilihan turut ambil bagian dalam pembangunan seutuhnya yakni dengan menjadi anggota parlemen karena lewat jalur ini perempuan bisa turut bekerja dalam bentuk kebijakan publik.

Perjuangan Ela untuk ke parlemen pada 2014.

"Mulai mencalonkan diri tahun 2014, dan alhamdulilah dengan kerja keras dan perjuangan akhirnya terpilih untuk periode 2014-2019," tuturnya.

Dengan menjadi wakil rakyat dia bisa menyuarakan kebutuhan masyarakatnya di antaranya usulan kepada pemerintah daerah agar terpenuhinya ketersedian infrastruktur, pendidikan, pertanian dan kesehatan.

Fokus peran serta perempuan pun dalam pembangunan pun didorongnya dengan menciptakan kaderisasi kaum perempuan.

"Saya tetap harus melakukan kaderisasi perempuan guna terus mendorong adanya peran serta perempuan dalam pembangunan. Terlebih perhatian khusus bagi perempuan dan anak tetap harus dalam kawalan dan menjadi program pemerintah daerah," katanya.

Dia pun mengakui harus berbagi rasanya memainkan peran ganda karena pilihanya selain sebagai anggota dewan dan ibu rumah tangga.

"Cukup sulit tapi semua punya konsekuensi, ini bagian dari pilihan aktivitas,, tetapi dengan begitu saling menghargai dan berbagi waktu dengan rumah tangga, prinsip kehadiran dan keberadaan saya harus bermanfaat untuk orang banyak," katanya.

Karier di politiknya berawal ketika masih mahasisiwa, ia senang berorganisasi dan aktif di Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Bandung.

Dia pun pernah menjadi wartawan dan bekerja di badan pengawas pemilu (Bawaslu) di daerahnya.

Semasa di PMII Ela bertemu Chusnunia Chalim (Bupati Lampung Timur). Dari perkenalanya dengan Chusnunia, Ela sempat membantu Chusnunia Chalim saat mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI.

Ela pun akhirnya turut mengikuti jejak Chusnunia dengan mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Lampung Timur pada tahun 2014.

Ela maju dari daerah pemilihan (Dapil) V Lampung Timur meliputi wilayah Kecamatan Wawaykarya, Margatiga dan Sekampungudik.

Ela Siti Nuryamah adalah caleg dengan suara terbanyak dari semua caleg yang berangkat dari Partai PKB Lampung Timur dan dipilih sebagai Wakil Ketua I DPRD Lampung Timur.   (Ant)