BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Petir

id ilustrasi hujan dan petir, bmkg

BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Petir

Ilustrasi - Hujan disertai petir dan angin kencang. (Istimewa/google.com)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan peringatan untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi pada sejumlah wilayah di Provinsi Lampung pada Jumat hingga Sabtu (29/4) pagi.

Menurut BMKG seperti disampaikan petugas Stasiun Meteorologi Radin Inten II, di Branti, Lampung, Jumat, kewaspadaan hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Kabupaten Pringsewu, Pesawaran, Tanggamus, Kota Bandarlampung, Metro, dan Kabupaten Lampung Tengah pada siang dan sore hari.

BMKG juga mengingatkan kewaspadaan hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Kabupaten Way Kanan, Tulangbawang Barat, Tulangbawang, dan Mesuji pada malam hari.

Apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diinformasikan melalui peringatan dini cuaca ekstrem di media sosial, kata petugas BMKG dimaksud.

Prakiraan cuaca umum di Provinsi Lampung berlaku 28 April pukul 07.00 WIB hingga 29 April 2017 pukul 07.00 WIB menyebutkan, angin secara umum bertiup dari arah tenggara hingga barat laut dengan kecepatan antara 5-15 knot (9-27 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 5-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 24-32 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 17-29 derajat Celsius.

Kelembaban udara secara umum berkisar antara 62-96 persen, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 68-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari berawan, berpotensi hujan ringan-sedang di Kabupaten Tanggamus bagian selatan dan Pesawaran bagian selatan.

Siang hari diprakirakan secara umum berawan, berpotensi hujan sedang - lebat di Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu, Bandarlampung, Lampung Utara, Lampung Selatan bagian utara, Tulangbawang, Lampung Tengah dan Lampung Timur.

Malam hari diprakirakan hujan sedang - lebat di Kabupaten Tulangbawang Barat, Tulangbawang, Mesuji, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Tengah dan sebagian Lampung Timur.

Dini hari diprakirakan hujan sedang di Kabupaten Way Kanan, Tulangbawang dan Lampung Tengah.

(ANTARA)