Lampung Segera Gelar Rembuk Tani

id sekda sutono dan rembuk tani

Lampung Segera Gelar Rembuk Tani

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono (baju korpri) saat memimpin Rapat Koordinasi DPW dan DPD PERHIPTANI se-Provinsi Lampung dalam rangka Rembug Tani dan Persiapan Pekan Nasional KTNA 2017, di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Juma

...Rembuk tani bersama Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Lampung akan dihadiri kurang lebih 3.500 peserta dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, kata Sutono...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung segera menggelar rembuk tani di Pusat Kegiatan Olahraga Way Halim Bandarlampung, 29 April 2017.

"Rembuk tani bersama Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Lampung akan dihadiri kurang lebih 3.500 peserta dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono di Bandarlampung, Kamis.

Pada acara itu, Gubernur Lampung akan memberikan bantuan operasional penyuluh (BOP) kepada 1.708 penyuluh, dan bantuan di bidang pertanian kepada para petani dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Rembuk tani, lanjut dia, bertujuan meningkatkan keterampilan petani dan meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan petani Lampung.

Dalam pelaksanaannya rembuk tani, kata Sutono, akan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang melibatkan petani secara langsung, seperti temu tani yang merupakan sarana silaturahmi diskusi antara pejabat terkait yang berwenang mengenai permasalahan/isu strategis yang dihadapi petani.

Selain itu, kegiatan asah terampil yang melibatkan petani, nelayan, dan peternak perwakilan kabupaten/kota, kemudian kegiatan pasar tani yang akan diisi dengan pameran hasil produksi unggulan daerah.

"Rembuk tani akan diisi dengan final asah terampil. Pemberian beasiswa dari Pemerintah Provinsi Lampung, bazar bidang pertanian dan pangan, sekaligus pelepasan 800 peserta PENAS 2017," ujar Sutono.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Novalia menyampaikan rangkaian rembuk tani Gubernur M. Ridho Ficardo akan menyerahkan bantuan berupa prasarana dan sarana pertanian, rehabilitasi jaringan irigasi tersier, perpipaan, dan embung, alsintan, dan bantuan berupa uang tunai.

(ANTARA)