Pemprov Lampung kawal penuntasan pembangunan jalan tol

id Tol Trans Sumatera

Pemprov Lampung kawal penuntasan pembangunan jalan tol

Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Samuel/istimewa)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung bersama Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Pusat (TP4P) terus mengawal pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Lampung agar selesai sesuai target.
         
"Kami bersama TP4P terus melakukan sosialisasi terkait percepatan pembangunan Jalan Trans Tol Sumatera," kata Asisten Bidang Ekubang Setprov Lampung, Adeham, di Bandarlampung, Kamis.
         
Ia menyebutkan, percepatan dalam pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera sangat dibutuhkan. Apalagi Presiden sudah mengintruksikan para Gubernur yang terkait pembangunan jalan tol untuk mempercepat pembangunan tersebut.
         
Namun demikian, lanjutnya, dalam percepatan pembangunan jalan tol tersebut, tidak menyalahi aturan yang berlaku dan merugikan semua pihak.
         
Adeham menjelaskan, pembebasan lahan untuk jalan tol di Lampung merupakan yang tercepat di Indonesia. "Untuk itu, Presiden mengimbau agar daerah lain mampu meniru apa yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung," ujarnya pula.
         
Pihaknya hingga sekarang telah melaksanakan percepatan pembangunan jalan tol dengan baik, meski belum maksimal.
         
"Melalui sosialisasi, saya berharap TP4P mampu mendorong penyelesaian, terutama masalah ganti rugi yang saat ini telah sampai di pengadilan. Karena jika tidak ada percepatan,  maka ini akan menghambat untuk ke depannya," tambah Adeham.
         
Ketua Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Pusat (TP4P) Aditia Warman menjelaskan bahwa TP4P bertujuan untuk melakukan evaluasi dan memantau hasil pekerjaan selama ini.
         
"Program Jalan Tol Trans Sumatera merupakan program yang diamanatkan langsung oleh Presiden. Sehingga ini akan menjadi kewajiban kita selaku aparat pemerintah untuk menyelesaikan kebijakan program tersebut," katanya.
         
Ia menjelaskan, pihaknya telah menemukan adanya beberapa titik lahan di Lampung yang sulit untuk dibebaskan. Namun Pemerintah Provinsi Lampung telah menyelesaikan permasalahan tersebut.
        
"Apabila masih ada beberapa titik yang belum menemui titik terangnya,  kita akan masuk konstinasi yang sesuai dengan keinginan masyarakat karena semua ini adalah untuk rakyat itu sendiri," jelasnya.
         
Aditia memastikan bahwa dalam pengawalan percepatan pembangunan JTTS tersebut dipastikan tidak akan ada penyimpangan serta mendorong berbagai pihak yang terlibat dapat melaksanakan tugas dengan baik.
         
"Untuk itu, TP4 harus terlibat langsung dalam percepatan pembangunan JTTS," ujarnya pula.
         
Aditia mengharapkan jajaran Pemerintah Provinsi Lampung serta para pemangku kepentingan terkait dapat terus meningkatkan sinergitas guna mempercepat pembangunan Tol Trans Sumatera.
 

ANTARA