Bappenas: Rencana Pemindahan Ibukota Negara Masih Dikaji

id rencana pemindahan ibukota negara, bappenas kaji pemindahan ibukota negara, bambang brodjonegoro, kepala bappenas

Bappenas: Rencana Pemindahan Ibukota Negara Masih Dikaji

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brojonegoro (Foto : Antaranews.com/Dok)

...Pindahnya keluar Jawa, yang pasti itu. Persisnya dimana, tentunya kita lihat pada ketersediaan lahan yang sudah 100 persen dikuasai oleh pemerintah, jadi tidak perlu ada pembebasan lahan lagi," ujarnya...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Rencana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke wilayah baru di luar Pulau Jawa hingga saat ini masih dalam kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Ini kan masih kita kaji, pokoknya yang pasti kalau ada, keinginan kita memindahkan pusat pemerintahan jadi tidak semata-mata ibukota tapi fokus pada pusat pemerintahan," kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro usai pembukaan Musyawarah Pembangunan Nasional Nasional (Musrenbangnas) 2017 di Jakarta, Rabu.

Satu hal yang pasti, lanjut Bambang, pemindahan ibukota harus keluar Pulau Jawa mengingat ketersediaan lahan yang lebih memadai. Ia juga menekankan, calon wilayah ibukota baru juga harus sudah seluruhnya dikuasai oleh pemerintah.

"Pindahnya keluar Jawa, yang pasti itu. Persisnya dimana, tentunya kita lihat pada ketersediaan lahan yang sudah 100 persen dikuasai oleh pemerintah, jadi tidak perlu ada pembebasan lahan lagi," ujarnya.

Sebelumnya Bambang sempat mengatakan, ada beberapa kota kandidat yang berpotensi menjadi ibukota baru. Dia mengakui salah satu kandidat ibukota baru adalah Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Munculnya nama Palangkaraya, sebagai kandidat ibukota baru, karena hal tersebut juga pernah digagas oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Soekarno pernah mewacanakan agar ibu kota dapat berpindah ke Palangkaraya, tepatnya pada 1950-an. Proklamator kemerdekaan tersebut bahkan pernah mengunjungi kota yang terletak di tengah Indonesia itu, untuk meninjau perkembangan kota yang dilintasi Sungai Kapuas tersebut.

Bambang mengatakan, saat ini Tim Bappenas sedang menganalisis kriteria wilayah, kemudian kesiapan dan ketersediaan lahan, hingga sumber pendanaan untuk pembangunan ibukota baru tersebut.

Rencana pemindahan ibukota sendiri muncul kembali karena dinilai adanya kebutuhan pembentukan pusat ekonomi baru. Pulau Jawa dianggap terlalu mendominasi kegiatan perekonomian Indonesia. Itu pun aktivitas perekonomian di Jawa lebih banyak terkosentrasi di kawasan Jabodetabek atau DKI Jakarta, belum merata ke seluruh lapisan.

Bila rencana tersebut benar-benar terealisasi, lanjut Bambang, beban Jakarta yang kini dianggap terlalu berat, karena berperan ganda sebagai pusat pemerintahan, keuangan sekaligus pusat bisnis, dapat berkurang. (ANTARA)