"Lampung Tengah Terang" Dorong Keamanan Kampung

id lampung tengah terang, gagasan bupati mustafa, lampu jalan kampung

"Lampung Tengah Terang" Dorong Keamanan Kampung

Salah satu kampung di Lampung Tengah mulai terang dengan lampu-lampu jalan yang dipasang di setiap rumah warga. (FOTO : Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Sekarang saya gak takut lagi jalan sendirian saat malam hari, karena jalan-jalan sudah terang," tuturnya...
Lampung Tengah (ANTARA Lampung) - Program "Lampung Tengah Terang" yang digagas Bupati Lampung Tengah, Mustafa dinilai memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dari sektor keamanan.

Dengan lampu jalan yang dipasang di setiap rumah, warga mengakui wilayah mereka kini relatif kian aman.

Suparman warga Kampung Simpangagung, Kecamatan Seputihagung, Rabu. mengatakan sejak ada pemasangan lampu di tiap-tiap rumah warga, dan kampungnya menjadi terang benderang.

"Yang terpenting kampung kami menjadi aman dari tindak kejahatan yang kerap dilakukan di malam hari. Kami sangat bersyukur sejak dipasangnya lampu-lampu di depan rumah warga kampung kami menjadi terang dan aman," ujarnya.

Menurut Suparman, sebelum diberlakukan lampu jalan di tiap rumah, kampungnya kerap terjadi tindak kriminalitas di malam hari. Tidak sedikit rumah warga yang disatroni maling saat mereka terlelap. Bahkan dirinya juga pernah menjadi korban pembobolan rumah yang dilakukan oleh kawanan maling.

"Dulu rumah saya juga pernah dicongkel maling, saat kami sedang tidur. Barang-barang berharga seperti handphone (HP) dan lainnya raib digondol maling. Beberapa tetangga saya juga pernah kemalingan. Namun setelah dipasang lampu dan menjadi terang sudah tidak ada lagi maling di kampung kami. Karena sudah terang jadi kalau ada orang yang mencurigakan kelihatan," ujarnya.

Lampung Tengah Terang merupakan salah satu program unggulan Bupati Mustafa dalam rangka meningkatkan keamanan di Lampung Tengah. Kini setiap kampung telah dipasang lampu-lampu jalan di setiap rumah warga, sehingga kampung-kampung tersebut menjadi terang.

Saminah warga lainnya menambahkan, sejak kampungnya terang dirinya tidak lagi takut saat berjalan sendirian di malam hari hanya sekedar untuk pergi ke warung atau ke rumah kerabatnya.

"Sekarang saya gak takut lagi jalan sendirian saat malam hari, karena jalan-jalan sudah terang," tuturnya.

Selain menekan angka kejahatan di malam hari, dengan adanya lampu yang menerangi setiap jalan di kampung tersebut, juga menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan jalanan gelap.

"Dulu sering banget ada motor yang jatuh karena gak tau ada lubang. Soalnya jalan gelap. Tapi sekarang sudah gak ada lagi yang kecelakaan di jalan tepat depan rumahnya," ujar wanita paruh baya ini.

Saminah mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada aparatur kampung dan pemerintah daerah karena telah menjadikan kampungnya menjadi terang dan aman.

Warga berharap ke depan Kampung Simpangagung dan Kabupaten Lampung Tengah menjadi daerah yang terang, aman, dan masyarakatnya sejahtera.(ANTARA)