Dinkes Waykanan Operasi Katarak 120 Warga

id katarak, operasi katarak

Dinkes Waykanan Operasi Katarak 120 Warga

Operasi katarak di Waykanan. (ANTARA Lampung/dok Humas Waykanan)

Operasi Katarak diikuti oleh saudara kita yang kurang mampu dengan dibuktikan surat keterangan kurang mampu dari kepala kampung atau lurah...
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Sebanyak 120 warga Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung mendapat kesempatan mengikuti operasi katarak gratis yang dilakukan pemkab dalam rangka memperingati HUT ke-18 Kabupaten Waykanan.

Dari Informasi yang diterima di Bandarlampung, Minggu, Kepala Bidang pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Andi Oktoviandi SKM,MM, menjelaskan peserta operasi katarak tersebut adalah 120 orang dari masyarakat kurang mampu dari 14 kecamatan.

"Operasi Katarak diikuti oleh saudara kita yang kurang mampu dengan dibuktikan surat keterangan kurang mampu dari kepala kampung atau lurah. Kedatangan pasien ke RSUD langsung didampingi oleh 19 Kepala Puskesmas, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Tahun depan Insya Allah Dinas kesehatan juga akan mengadakan operasi bibir sumbing, sedang kita usulkan untuk Waykanan sehat, Maju dan Berdaya Saing," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan dr Farida Aryani MM mengatakan OPD yang ia pimpin selalu berupaya meningkatkan akses dan memperbaiki mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau oleh masyarakat.

"Dalam rangka Hari ulang tahun Kabupaten Waykanan tahun ini, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan kembali memberikan pelayanan kesehatan Operasi Katarak, insya Allah kegiatan semacam ini akan kami terus dilakukan setiap tahunnya dan agar lebih banyak lagi menjangkau masyarakat penderita katarak," kata dia.

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat hingga ke daerah-daerah yang paling sulit dijangkau, baik daerah terpencil dan daerah pegunungan.

"Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi pelayanan kesehatan selama ini kepada Rakyat Waykanan," kata dia.

Adipati mengatakan kegiatan itu sangatlah positif karena dapat membantu dan mengurangi penderita penyakit katarak di Kabupaten Waykanan terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Dengan adanya kegiatan operasi katarak, maka diharapkan penderita katarak akan lebih maksimal dan optimal dalam melakukan kegiatan sehari-hari, bekerja dan berkarya mewujudkan kesejahteraan keluarga, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat," kata dia. *