Taruna AAL Kunjungi Lampung

id taruna aal kunjungi lampung, sekda sutono

Taruna AAL Kunjungi Lampung

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono saat menerima kunjungan taruna/taruni AAL di Ruang Rapat Sekda Provinsi Lampung, Jumat (21/4) (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Puluhan Taruna Akademi Angkatan Laut mengunjungi Lampung yang datang menggunakan KRI Dewa Ruci dari Surabaya.

"Pemerintah Provinsi Lampung menyambut baik kunjungan taruna/taruni AAL. Para taruna dan taruni ini datang dengan menggunakan KRI Dewaruci yang berlayar dari Surabaya ke Bandarlampung selama empat hari dalam rangka mengadakan latihan navigasi astronomi korps pelaut," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono, di Bandarlampung, Jumat (21/4).

Sutono mengatakan dalam waktu dekat ini akan dibangun Pangkalan AL di Provinsi Lampung, karena daerah ini memiliki garis pantai yang cukup panjang di bandingkan Pulau Jawa.

Ia dalam kesempatan itu mengharapkan ke depan lebih banyak lagi para taruna khususnya yang berasal dari Lampung. Dirinya juga berpesan agar para taruna untuk terus menjunjung tinggi semangat dan disiplin dalam bekerja.

Danlanal Lampung Kolonel Kelik Haryadi, mengungkapkan bahwa berlayarnya KRI Dewaruci merupakan program TNI untuk melatih para taruna bernavigasi menentukan posisi dan arah kapal menggunakan bintang tanpa alat-alat modern.

Selain itu, lanjutnya, kedatangan KRI Dewaruci juga untuk memperkenalkan kepada taruna bahwa Lampung memiliki banyak sumber daya alam.

"Mereka berlayar ke Bandarlampung, sebelumnya mereka berlayar ke Spanyol untuk mengganti KRI Dewaruci menjadi KRI Bima Suci, para taruna juga akan mengunjungi sekolah-sekolah dan kantor-kantor pemerintah untuk melakukan ramah tamah dan sosialisasi," tambahnya. (Ant)